Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » KPPN Banyuwangi Serahkan DIPA Tahun Anggaran 2015

KPPN Banyuwangi Serahkan DIPA Tahun Anggaran 2015

(763 Views) December 30, 2014 8:39 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2015 kepada sejumlah satker dan instansi vertikal, Selasa (30/12). DIPA tersebut diserahkan oleh Kepala KPPN, Delfiana Lase dengan disaksikan oleh Asisten Administrasi Umum, Sulihtiyono.

DIPA adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun oleh pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran. KPPN ikut menjaga postur APBN, termasuk pencairan APBN untuk tiap-tiap daerah. Dana tersebut kemudian akan didistribusikan ke masing-masing satker untuk dikelola demi kesejahteraan negara.

Menurut Delfiana Lase, pada tahun 2014, KPPN Banyuwangi telah mengelola  DIPA sebanyak 59 DIPA dengan total pagu Rp. 685.815.525.000,-, dengan nilai realisasi Rp. 632.264.860.934,- (92 persen). “Di tahun 2015, kami akan mengelola DIPA sebanyak 54 DIPA dengan nilai pagu Rp. 716.602.155.000,- atau naik sebesar 4,44 persen,” beber Delfiana. Delfiana mengakui, dibandingkan DIPA tahun 2014, DIPA tahun 2015 ini memang menurun (dari 59 menjadi 54, Red), tapi secara nominal justru mengalami kenaikan.

Ke depan Delfiana mengingatkan agar aspek kehati-hatian terus dipegang, agar dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan di tiap-tiap satker bisa berjalan dengan baik. “Saya menghimbau agar  masing-masing  satker agar melaksanakan perencanaan penyerapan anggaran dengan segera sesudah disahkan. Karena jika penyerapan anggaran terlambat dilakukan, dampaknya tidak bagus dan bisa mempengaruhi pergerakan pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi,”tandas Delfiana.

Menanggapi hal tersebut, Asisten Administrasi Umum Sulihtiyono berharap, dengan adanya penyerahan DIPA tersebut, pembangunan  berbagai sektor di Banyuwangi bisa berjalan.  “Semoga di tahun 2015 pengelolaan keuangan kita bisa lebih diintensifkan  sesuai petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis ( juknis) yang ada,” harapnya.

Kegiatan yang berlangsung di aula KPPN ini selain menghadirkan satker yang ada di Pemkab Banyuwangi juga menghadirkan beberapa instansi vertikal dan beberapa institusi lainnya di Banyuwangi. Diantaranya Kejaksaan Negeri, Kementerian Agama, Kantor Pelayanan Pajak Pratama, PT Pelindo III, Polres Banyuwangi , dan Kantor Bea dan Cukai. (Humas & Protokol)

Categorised in:

No comment for KPPN Banyuwangi Serahkan DIPA Tahun Anggaran 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*