Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Kota Banjarbaru, Adopsi Program “Quick Wins Lahir Procot Bawa Akta”

Kota Banjarbaru, Adopsi Program “Quick Wins Lahir Procot Bawa Akta”

(729 Views) March 7, 2014 8:28 am | Published by | No comment

BANYUWANGI –Kemajuan Kabupaten Banyuwangi yang luar biasa, menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa kabupaten atau kota di Indonesia untuk mengadopsi beberapa program yang telah digulirkan di Banyuwangi. Seperti yang terjadi Jum’at ( 7/3) dua kabupaten/kota secara bersamaan studi banding ke Banyuwangi. Mereka adalah Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Dalam paparannya, Asisten Tata Praja dan Pemerintahan Kota Banjarbaru, Muhammad Aswan menyatakan, sebagai salah satu kota dari 13 kota di Kalimantan Selatan, pihaknya ingin sekali mengadopsi beberapa program yang telah dilakukan di Banyuwangi.  Karena, kata pimpinan rombongan ini, banyak sekali kemanjuan yang telah dicapai. “Kita melihat akselerasi  pembangunan di Banyuwangi yang luar biasa. Mulai infrastrukturnya, kemudahan pelayanan informasinya  hingga transportasi  udara dan geliat ekonominya yang meningkat luar biasa menjadikan kami ingin mengadopsinya,” terang Asisten Tata Praja ini.

Khusus Banjarbaru, lanjutnya, pihaknya ingin mengadopsi program belajar pelayanan publik Quick Wins “Lahir Procot Pulang Bawa Akta” yang telah berjalan di Banyuwangi. Yang kedua, lanjutnya pihaknya ingin belajar perencanaan pembangunan secara online. “Saya melihat di sini, perencanaan pembangunan mulai dari kelurahan telah menggunakan sistem online, sehingga tak perlu manual lagi. Ini sangat menarik bagi kami. Meski tidak orisinil, kami akan bawa program ini untuk diterapkan di Banjarbaru.,” ujarnya.

Asisten Tata Praja ini juga mengungkapkan sebagai daerah yang sama-sama tergabung dalam Forum Transformasi Indonesia (FTI) sudah selayaknya belajar dan mengadopsi program yang bisa mendukung kemajuan daerahnya. “Beberapa waktu lalu kami juga telah berkunjung ke Banyuwangi saat launching program lahir procot bareng Pak WamenPAN, dan kami disarankan belajar ke Banyuwangi,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kabag Organisasi, Muftadi Latif yang juga Ketua Rombongan Kabupaten Sukabumi, ketika paparan. Untuk mengadopsi secara langsung program yang akan dibawa ke daerahnya, kedua kabupaten/kota melakukan studi ke lapangan. Salah satunya mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melihat secara detail proses dari awal program Lahir Procot Bawa Akta.

Sekedar diketahui, kedatangan kabupaten/kota diterima langsung Asisten Pemerintahan Choiril Ustadi, didampingi Kepala Bappeda, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Kepala SKPD terkait lainnya di Aula Minakjinggo. (Humas & Protokol)

Categorised in:

No comment for Kota Banjarbaru, Adopsi Program “Quick Wins Lahir Procot Bawa Akta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*