Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Komisi II DPRD Banyuwangi Mulai Telisik Aliran Dana Banyuwangi Festival

Komisi II DPRD Banyuwangi Mulai Telisik Aliran Dana Banyuwangi Festival

(514 Views) July 16, 2016 2:34 pm | Published by | No comment

– Rapat Kerja Komisi II DPRD, yang dihadiri sejumlah SKPD Penyelenggara kegiatan Bifest

Banyuwangi, Memorandum – Setelah mencermati Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) serta didukung berbagai masukan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), DPRD Kabupaten Banyuwangi melalui Komisi II menggelar rapat kerja dengan mengundang-hadirkan Panitia inti penyelenggaraan Banyuwangi Festival (Bifest), Event Organinizer, bahkan SKPD penanggung jawab masing-masing gelaran kegiatan Bfest, mulai dari tahun 2014 hingga saat ini.

“ Rapat kerja ini diselenggarakan setelah lembaga dewan mencermati LHP BPK. Selain itu juga, adanya desakan dari Lembaga Swadaya Masyarakat agar Dewan mengawasi aliran dana Bfest,” kata Ketua Komisi II, Marifatul Kamilah, SH kepada Memorandun, Jum’at (15/7) di Ruang Khusus DPRD.

Menurut Rifa, panggilan akrab Ketua Komisi II, dalam LHP BPK, laporan penggunaan anggaran pelaksanaan Bifest dianggap amburadul. Selanjutnya dalam rekomendasi BPK tersebut, ada juga klausul yang menjelaskan bahwa hingga saat ini Panitia Bifest belum melaporkan aliran dana penyelenggaraan Bifest yang berasal dari pihak ketiga kepada Bupati Banyuwangi. Selain itu, banyak masukan dari berbagai elemen masyarakat yang mengatakan pengunaan anggaran Bifest tidak dilakukan secara transparan.

Namun sangat disayangkan, dalam rapat kerja itu panitia inti Bifest yang di pimpin oleh Assisten Adiminitrasi Pemerintahan, Choirul Ustadi, tidak memenuhi undangan Komisi II DPRD, sehingga keterangan maupun data yang disampaikan masing-masing SKPD penanggungjawab pelaksanaan kegiatan Bifest belum memuaskan dan terkesan simpang siur. Ada SKPD yang mengakui, dana Bifest dianggarkan pada APBD. Tetapi juga ada yang berasal dari sumbangan  pihak ketiga, yang berupa barang. Sedangkan sumbangan pihak ketiga dalam bentuk tunai langsung masuk ke panitia inti. “Mereka tidak menyiapkan data. Maka penjelasan yang disampaikan kurang dapat dipertanggung-jawabkan. Maka pekan depan akan kita undang kembali,” ungkap Rifa kecewa.

Hadir dalam rapat kerja Komisi II ini antara lain, Plt Kadis Koperasi dan UMKM selaku penyelenggara Festival Kuliner, Sekretaris Disperindagtam, Taufik Rohman selaku penyelenggara Banyuwangi Batik festival, Plt Kadispora, Wawan Yahmadi sebagai penyelenggara International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI), Plt Dispar, Bramudya dan beberapa perwakilan SKPD lainnya. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

 

Categorised in:

No comment for Komisi II DPRD Banyuwangi Mulai Telisik Aliran Dana Banyuwangi Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment