Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Kinerja 188 Pemdes lambat, Dana Desa 2017 Terancam Tak Cair

Kinerja 188 Pemdes lambat, Dana Desa 2017 Terancam Tak Cair

(369 Views) March 7, 2017 2:49 pm | Published by | No comment

– Ketua Asosiasi BPD, Rudy Hartono Latif. (Memorandum – Fattahur)

Banyuwangi, Memorandum – Dari 189 Desa di Banyuwangi, baru satu desa yakni Desa Sukonatar, Kecamatan Srono, yang sudah mengajukan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes).  Kondisi tersebut disebabkan oleh lambannya kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) yang dapat mengakibatkan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) terancam tidak cair.

Ketua Asosiasi BPD, Rudy Hartono Latif, mengatakan, sampai hari ini BPD belum menerima RKPDes dan RAPBDes. Jelas hal ini mengalami keterlambatan hingga tiga bulan sampai bulan Maret ini. Menurut Rudy, BPD seringkali mengingatkan Pemdes untuk segera menyelesaikan perihal tersebut, tetapi belum ada langkah penyelesaian penyusunan yang kongkrit dari Pemdes.

“Harusnya, sudah harus diselesaikan bulan Desember 2016. Tapi kenyataannya sampai bulan maret belum juga selesai. Sayangnya Dinas terkait dan Pemda belum melakukan tindakan serta memberikan sanksi yang tegas untuk keterlambatan penyusunan RKPDes dan RKPBDes ini,” kata Rudy.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Dinas Pembangunan Masyarakat Desa (DPMD), Ahmad Faisol dihubungi via telephonnya mengatakan, dari 189 Desa di Banyuwangi baru satu Desa yakni Desa Sukonatar yang sudah mengajukan RKPDes dan RAPBDes, yang lainnya belum mengajukan. “Sampai hari ini Desa-desa masih belum ada yang menyerahkan RKPDes dan RAPBDes mas, masih Desa Sukonatar saja,” ungkap Faisol.

Diakuinya, keterlambatan tersebut dikarenakan kinerja Pemdes yang lamban. Sayangnya hal ini belum ada sanksi tegas terkait hal ini dikarenakan dananya masih ada di Pemda. (fat/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Kinerja 188 Pemdes lambat, Dana Desa 2017 Terancam Tak Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*