Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Kemenpan Apresiasi Layanan Publik Di Polres Banyuwangi

Kemenpan Apresiasi Layanan Publik Di Polres Banyuwangi

(666 Views) September 7, 2016 7:19 pm | Published by | No comment
Kemenpan - Polres Bwi, Layanan SKCK

Asiten Deputi pada Pelayanan Publik Wilayah 2 Kemenpan Jeffrey Erlan Muller mendengarkan penjelasan pelayana SKCK dari Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto dan Kasat Intelkan AKP Bambang TB

Banyuwangi, Memorandum – Pelayanan publik di Polres Banyuwangi mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).  Kemenpan menilai system layanan publik yang diterapkan di Polres Banyuwangi layak untuk digetuk tularkan kepada instansi yang lain.

Ini terungkap saat kunjungan Asiten Deputi pada Pelayanan Publik Wilayah 2 Kemenpan Jeffrey Erlan Muller ke Polres Banyuwangi kemarin (6/9). Jeffrey melihat langsung pelayanan SKCK dan SIM di Polres Banyuwangi. Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto dan Wakil Bupati Banyuwangi tampak mendampingi kunjungan itu.

Dalam kunjungan itu, Jeffrey beberapa kali menanyakan system pelayanan yang diterapkan. Pria ini juga beberapa kali berbincang dengan masyarakat yang sedang mengurus pembuatan SKCK dan SIM.

Ditemui disela-sela kunjungannya, Jeffrey menyatakan, kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan tidak ada keluhan masyarakat terkait dengan pelayanan publik. Menurutnya presiden juga memerintahkan pelayanan publik seluruhnya harus berbasis teknologi Informasi. “Kunjungan kami ini bagian dari monitoring dan evaluasi yang dilakukan di 59 kabupaten,” jelasnya.

Pelayanan SKCK dan SIM di Polres Banyuwangi menurutnya sudah sangat baik. Sebagai contoh, pelayanan pendaftaran SIM sudah bisa dilakukan secara online sehingga bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi Android. Dari pantauannya, alur pelayanan juga sudah sangat baik.

Untuk sisi pembayaran, menurutnya tidak ada petugas yang menerima pembayaran. Seluruh pembayaran dilakukan langsung pada loket bank yang sudah tersedia. “Tadi juga saya Tanya selain biaya resmi masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya lain-lain,” bebernya.

Menurutnya, inilah praktek keterbukaan yang merupakan bentuk akuntabilitas publik atau pertanggungjawaban kepada publik. Dengan keterbukaan layanan, masyarakat dapat secara langsung melakukan pengawasan. “Ini yang dinamakan pengawasan melibatkan masyarakat secara langsung,  ini akan ditularkan kepada yang lain,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto menyatakan Kapolri sudah menekanan kepada seluruh jajaran agar pelayan publik harus mudah diakses masyarakat dan dapat diakses melalui teknologi informasi. “Ini bagian dari program Kapolri,” tegas mantan Kapolres Sampang ini.

Dijelaskannya, meskipun Kemenpan hanya ingin melihat pelayanan SIM dan SKCK namun pihaknya juga menunjukkan pelayanan Kamtibmas, personal internal, dan pelayanan bidang produk dan administrativ. “Tadi kita gambarkan bidang kamtibmas bagaimana kita melaksanakan manajemen teknologi informasi kita berikan dalam pengawasan lalu lintas, bagaimana menindak lanjuti laporan masyarakat pada saat jam 3 malam,” jelasnya.(jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Kemenpan Apresiasi Layanan Publik Di Polres Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*