Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Kaukus Muda Banyuwangi, Selamatkan LCT Sritanjung

Kaukus Muda Banyuwangi, Selamatkan LCT Sritanjung

(1560 Views) September 16, 2015 8:38 am | Published by | No comment

Banyuwangi – Rencana pemerintah melarang operasional kapal penyeberangan jenis Landing Craft Machine (LCT), berdampak luas terhadap dua buah kapal LCT milik Pemkab Banyuwangi yang diberi nama lambung; “Putri Sritanjung” dan “Putri Sritanjung I”.

Selain dianggap sangat berjasa karena selama 12 tahun lebih menjadi salah satu sumber pemasukan bagi kas daerah, keberadaan dua buah kapal yang awal pengadaannya telah memakan korban puluhan orang pejabat Pemkab Banyuwangi itu juga menjadi bagian dari perjalanan sejarah dan perkembangan Banyuwangi pada masa-masa awal era reformasi.

Menjelang dihentikannya operasional dua buah kapal tersebut pada Desember 2015 mendatang, kelanjutan nasib dari asset milik masyarakat Banyuwangi itu pun mulai dipertanyakan.

“Masalahnya, dua buah kapal LCT Sritanjung itu bukan sekedar kapal biasa. Ada sejarah panjang yang melatar-belakangi keberadaan asset milik masyarakat Banyuwangi itu. kapal itu sudah menjadi bagian dari catatan sejarah perkembangan Banyuwangi, yang menurut saya, tidak akan bisa terlupakan oleh masyarakat,” ungkap Koordinator Kaukus Muda Banyuwangi (KMB), Fajar Isnaeni, SE., sebagaimana disampaikan ke media ini, Senin (15/9/2015).

Menurut Fajar, dari sisi ekonomi, PT Pelayaran Banyuwangi Sejati (PBS) selaku pengelola pasti tahu dan memahami berbagai kendala yang dialami kapal tersebut. Karena itu, kata Fajar, seharusnya ada langkah-langkah cerdas dan terukur dari manajemen PT PBS untuk kelanjutan nasib asset milik masyarakat Banyuwangi itu.

“Yang harus diingat, bahwa keberadaan kapal-kapal tersebut juga pernah menyumbangkan pendapatan untuk PAD Banyuwangi. Selain itu, tidak sedikit orang yang telah menumpukan periuk nasinya disana,” kata Fajar, sembari berharap agar nasib asset yang dibeli dari uang rakyat itu tidak berakhir sebagai besi tua. (eko budi setianto)

Editor: choiri

Sumber : Memorandum Jawa Timur (beritamemorandum.com)

Categorised in:

No comment for Kaukus Muda Banyuwangi, Selamatkan LCT Sritanjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*