Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Karya Kerajinan Narapidana Tembus Pasar Luar Negeri

Karya Kerajinan Narapidana Tembus Pasar Luar Negeri

(328 Views) March 8, 2017 7:26 am | Published by | No comment

– Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jawa Timur (dua dari kiri) melihat proses pembuatan kerajinan warga binaan didampingi Wabup Yusuf Widyatmoko dan Kalapas Arimin

Banyuwangi, Memorandum – Tidak selamanya yang berhubungan dengan narapidana itu hal yang negatif. Salah satu buktinya, karya dari narapidana Lapas Banyuwangi justru membawa nama baik bangsa ke luar Negeri. Berbagai jenis kerajinan narapidana kota di kota gandrung ini sudah menembus pasar Korea Selatan.

Ekspor kerajinan para narapidan ini resmi diberangkatkan pagi kemarin (7/3). Pemberangkatan ekspor pertama karya narapidana ini dilepas langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jawa Timur Harun Sulianto, yang juga disaksikan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko.

Harun Sulianto menyatakan, dirinya sama sekali tidak percaya saat pertama kali mendapat kabar kerajinan yang dibuat narapidana Lapas Banyuwangi bisa menembus pasar luar Negeri. “Begitu saya cek ternyata benar, ini sangat membanggakan hasil karya tangan dingin warga binaan bisa dipakai orang luar negeri,” jelasnya.

Menurutnya, dari 477 Lapas yang ada di Indonesia hanya ada 10 Lapas yang hasil kerajinan warga binaan sudah tembus pasar luar Negeri. Untuk Jawa Timur pertama kali ekspor dilakukan Lapas Porong. Banyuwangi menjadi Lapas kedua setelah porong.

Namun, kata pria yang pernah menjadi Kepala Lapas Jember ini, kerajinan Lapas Banyuwangi ini terbuat dari kayu yang terbuang dan tidak terpakai lagi. Setelah dikerjakan warga binaan kayu yang awalnya tak bernilai itu menjadi hasil karya yang bernilai tinggi berbentuk mangkuk, sendok, nampan. “Di sana yang menggunakan produk ini orang-orang dari kalangan atas,” ungkapnya.

Pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Lapas Banyuwangi dan warga binaannya yang sudah menghasilkan produk berkualitas. Pihaknya berjanji akan memberikan dukungan untuk mengembangkan hasil karya warga binaan lebih baik lagi. “Yang pasti kami akan memberikan dukungan penuh, tadi kami  juga sudah berkomunikasi dengan Wakil Bupati untuk mengembangkan kerajinan warga binaan ini,” katanya. (jai/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Karya Kerajinan Narapidana Tembus Pasar Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*