Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Kapolres Lepas Pawai Sepeda Hias

Kapolres Lepas Pawai Sepeda Hias

(2726 Views) August 20, 2014 1:26 am | Published by | No comment

sepeda hias

BANYUWANGI – Pawai sepeda hias dalam rangka peringatan HUT ke-69 RI  berlangsung cukup marak. Pawai sepeda hias  ini  diikuti  siswa SD Negeri/Swasta dan 3 SLTP Negeri (SMP II, III dan V) se- Kecamatan Banyuwangi dan Giri.

Pawai sepeda hias yang masing-masing grup beranggotakan 150 orang tersebut mengambil  rute Jl A.Yani – Jl. Dr Sutomo – Jl. Diponegoro – Jl. Sayu Wiwit – Jl. DI Panjaitan – Jl Nusantara  (Kelurahan Mandar) – Jl. RA Kartini – Jl. Piere Tendean – Jl. MT Hariyono – Jl. Brigjen Katamso dan finish depan kantor Banyuwangi. Barisan peserta dibagi per gugus sekolah (guslah) yang di dalamnya ada beberapa sekolah. Selain para siswa, partisipasi guru juga turut menyemarakkan karnaval sepeda hias ini.

Penampilan pawai  ini  dipermanis dengan warna-warni kertas hias  pada tiap-tiap sepeda dan beragam kostum yang dikenakan. Mulai dari kostum pejuang asli Banyuwangi (Sayu Wiwit, Minak Jinggo, Kencono Wungu), pejuang era kebangkitan nasional (tokoh Budi Utomo, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, Soekarno- Hatta), dan pakaian adat Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu juga ditampilkan kekayaan potensi budaya Banyuwangi seperti penari Gandrung, Seblang, Kebo-keboan, Jaranan, Kuntulan hingga Minak Jinggo. Juga  beberapa  wisata pantai Banyuwangi, diantaranya G-Land dan Pulau Merah. Keberagaman itu menarik minat penonton yang memenuhi tepi-tepi jalan di sepanjang rute yang dilalui.

Karnaval diberangkatkan dari depan kantor pemkab Banyuwangi, sekitar pukul 13.00 WIB oleh Kapolres AKBP Tri Bisono. Kapolres mengaku bangga dengan semangat anak-anak yang tidak pernah luntur dan terus bergelora menyambut HUT Kemerdekaan RI. “Penampilan adik-adik ini menunjukkan sikap kepahlawanan dan jiwa patriotisme yang kental. Tunjukkanlah bahwa kita selalu punya semangat untuk bekerja keras dan bekerja nyata untuk membangun bangsa ini,”tuturnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), pimpinan perbankan, budayawan, serta Kepala SKPD menyaksikan pawai sepeda hias dari tribun undangan. (Humas &  Protokol)

Categorised in: ,

No comment for Kapolres Lepas Pawai Sepeda Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*