Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Kapolres Deadline 2 Bulan Galian C Illegal Tutup

Kapolres Deadline 2 Bulan Galian C Illegal Tutup

(645 Views) October 8, 2015 11:21 am | Published by | No comment

“Kita akan tertibkan Gabungan TNI – Polri – Satpol PP”

Banyuwangi, Memo – Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama SIK  memberi tenggang waktu dua bulan bagi pengusaha tambang galian C liar untuk mengurus ijin. Jika sampai batas waktu yang ditentukan tetap tidak mengurus ijin usaha pertambangan akan ditindak oleh tim gabungan TNI, Polri dan Satpol PP.

deadline galian C

Sosialisasi Penertiban Tambang Galian C Illegal di Banyuwangi diadakan Polres Banyuwangi

Kapolres meminta pengusaha yang telah mengurus sampai di tingkat propinsi untuk terus proaktif melengkapi ijin usahanya. Bagi pengusaha tambang yang melakukan eksploitasi merusak akan dibina.

“Jika ada tambang liar yang berani beroperasi tanpa bukti pengurusan ijin usaha setelah batas dua bulan, maka aparat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP akan bertindak untuk menutup lokasi galian nakal itu. Ini solusi terbaik,” tegas AKBP Bastoni Purnama,S.I.K.

Deadline itu disampaikan langsung kepada puluhan pengusaha tambang galian C yang diundang di Gedung Wanita, Rabu siang (7/10). Agenda Sosialisasi Penertiban Tambang Galian C tidak berizin.

Menurut Kapolres, kebijakan ini merupakan solusi terbaik agar tidak muncul kegaduhan. Tujuannya agar roda pembangunan yang tengah berlangsung di Tanah Gandrung tidak terhenti dan roda perekonomian masyakarat yang bersumber dari tambang galian C juga tidak terputus.

“Mohon ini dimengerti. Langkah ini merupakan pilihan terbaik,” tambah Kapolres Bastoni.

Data BPPT disampaikan Kepala Kantor BPPT, H Abdul Kadir, se Banyuwangi ada 51 usaha tambang yang telah mengurus WIUP (wilayah ijin usaha pertambangan). Jumlah didorong untuk segera melunasi biaya reklamasi sehingga ijin usaha pertambangan (IUP) bisa segera dikantongi.

“WIUP yang menentukan Dinas Perindustrian dan Pertambangan. Tolong segera diurus,” tukasnya.

Dalam paparan Abdul Kadir di Ruang Rupatama Polres Banyuwangi sehari sebelumnya, masih ada 18 galian C yang belum mengurus ijin sama sekali. Mereka diminta untuk segera mengurus perijinan agar dapat beroperasi kembali.

Sebetulnya, usaha galian itu bisa dilakukan tanpa harus merusak lingkungan dan merugikan warga. Itu dilontarkan Raudi, salah satu pengusaha galian C yang menerapkan penggalian ramah lingkungan.

Kegiatan yang dimotori Polres Banyuwangi sebagai tindaklanjut pertemuansebelumnya dengan Pemda diwakili Kepala BPPTH. Abdul Kadir, Wakil dari Disperindagtam, Satpol PP, Kodim 0825, Polres, serta Lanal. Mereka sepakat melakukan penertiban. (mam)

Sumber : Koran Harian Memorandum Jaya Blambangan

Categorised in:

No comment for Kapolres Deadline 2 Bulan Galian C Illegal Tutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*