Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Kapolres Ancam Penambang Mokong

Kapolres Ancam Penambang Mokong

(733 Views) March 21, 2016 1:30 pm | Published by | No comment

Turunkan Propam Bila Kapolsek Membiarkan

Kapolres Banyuwangi Ancam Penambang Mokong

Kapolsek Songgon saat pasang papan peringatang larangan penambang pasir beroperasi

Banyuwangi, Memorandum – Penanganan kasus galian C tanpa ijin terus digeber aparat kepolisian. Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama, SIK, mengintruksikan kepada para Kapolsek, Kasatsabhara dan Kasatreskrim untuk menindak penambang yang tetap beroperasi tapi tidak mengantongi Ijin Usaha Produksi (IUP) dari Propinsi Jatim. Selain itu, Kapolres juga bakal menindak Polsek jajarannya yang melakukan pembiaraan terhadap aktivitas penambangan galian C illegal di wilayahnya. Propam Polres Banyuwangi akan diturunkan untuk memeriksa Kapolsek serta jajaran anggota yang terlibat.

Sejak intruksi itu bergulir, Jumat (18/3), sejumlah Polsek yang wilayahnya ketempatan tambang galian C langsung memasang garis polisi serta papan peringatan. Aksi ini pertama kali dilakukan Polsek Srono yang kemudian diikuti sejumlah Polsek lain yang memasang imbauan serupa, Sabtu (19/3).

Diantara polsek yang sudah memasang peringatan itu antara lain Polsek Kalipuro, Glagah, Songgon, Siliragung, Kabat dan Kalibaru. Peringatan itu berisi pesan larangan penambangan sebelum mengantongi IUP serta ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda 10 miliar bagi penambang yang nekad beroperasi tanpa ijin. Ancaman ini mengacu UU No. 04 Tahun 2009 tenteng Minerba serta UU No. 22 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Langkah tegas aparat kepolisian ini sejatinya bentuk kerja bersama dengan pemerintah Kabupaten Banyuwangi selaku penerbit ijin. Sementara aparat kepolisian bertindak sebagai penegak hukum atas peraturan yang dilanggar para penambang. “Intruksi yang kita berikan kepada tiga satuan itu menyusul rapat koordinasi forpimda tentang galian C yang meminta kepada aparat kepolisian agar menindak penambang yang beroperasi tanpa IUP,” kata Kapolres AKBP Bastoni Purnama. (mam)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Kapolres Ancam Penambang Mokong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*