Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Jelang Ramadhan, Bupati Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Jelang Ramadhan, Bupati Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

(842 Views) June 27, 2014 1:15 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI  – Pergerakan harga beberapa kebutuhan pokok cukup stabil menjelang bulan ramadhan yang hanya tinggal 2 hari dari sekarang (26/6). Hal ini disampaikan Bupati Abdullah Azwar Anas usai melakukan inspeksi mendadak di pasar Rogojampi, Kamis (26/6).

Bupati mengatakan dari hasil pantauannya, beberapa harga bahan pokok seperti cabai, daging sapi dan gula pasir tetap stabil menjelang ramadhan. “Harga cabai masih berkisar Rp.  6000 -8000, ini masih dalam harga wajar. Sedangkan daging sapi diangka Rp 100 ribu per kg.” kata Bupati.

Bupati melanjutkan, kenaikan harga mulai terjadi pada beberapa komoditi seperti telur dan daging ayam.  Kenaikan harga pada dua komoditi itu berkisar Rp 2000-3000 per kilogramnya. “Daging ayam mulai naik dari Rp 27 ribu menjadi Rp 30 ribu,” ujarnya.

Secara keseluruhan Bupati mengatakan kondisinya lebih bagus dibandingkan tahun lalu. Harga-harga kebutuhan pokok masih kondusif. Namun untuk mengantisipasi kenaikan harga yang terus meningkat jelang lebaran, beberapa langkah akan dilakukan. Seperti menggelar pasar murah bagi masyarakat. “Sekitar dua minggu lagi kita gelar pasar murah untuk mengantispasi meningkatnya harga yang diakibatkan konsumsi masyarakat yang semakin naik jelang lebaran, ini juga lagkah untuk menekan inflasi” cetusnya.

Selain pasar murah Bupati juga mengatakan akan memberikan subsidi bagi angkutan bahan pokok. Sebab salah satu pemicu kenaikan harga karena tarif angkutan yang naik jelang lebaran. “Juga menjaga suply barang agar tetap lancar. Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi,” tandas Bupati.

Sementara itu untuk komoditas beras harganya bergerak naik Rp.100-200. Diperkirakan tidak akan meningkat drastis karena stoknya yang relatif aman. Data Kantor Ketahanan pangan Produksi  beras Banyuwangi selama bulan januari – Mei sebanyak 226.556 ton. Jumlah yang dikonsumsi oleh masyarakat per bulannya sebesar 11.300 ton. Dan saat ini jumlah beras yang tersedia mencapai 166.687 ton. “Stok beras relatif aman untuk  beberapa bulan kedepan,” kata Bupati.

 Namun Bupati menghimbau, menjelang lebaran produsen maupun distributor beras tidak menjual seluruh berasnya ke luar daerah. Sebab permintaan beras dari luar daerah pasti juga meningkat jelang lebaran. “Kita mengerti pengusaha memiliki kontrak kerja namun kita minta khusus ramadhan tidak semua  berasnya dikirim keluar untuk menjaga stok beras Banyuwangi aman dan harga bisa stabil. Kita akan melakukan koordinasi dengan kantor Ketahanan Pangan dan Bulog,” kata Bupati. (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for Jelang Ramadhan, Bupati Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*