Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Jelang Pilkada Tumpang Pitu “Panas”

Jelang Pilkada Tumpang Pitu “Panas”

(933 Views) October 19, 2015 9:55 am | Published by | No comment
  • Segerombolan Orang Mendadak Sweeping dan Blokade Kendaraan Berat

Banyuwangi, Memorandum – Aksi sweeping dan blokade kendaraan muatan alat berat di arah kawasan Tumpang Pitu, yang mengatasnamakan warga Dusun Pancer Desa Sumberagung terkesan sepihak.

Issue penolakan tambang emas Tumpang Pitu di Pesanggaran Banyuwangi kembali berhembus saat menjelang Pilkada serentak dijadwal 9 Desember mendatang.

warga tolak BSI

Pantauan Memorandum diaksi penolakan tambang emas, sebenarnya lama tidak terdengar, dua tahun lalu. Kini dibulan Oktober, dua bulan menjelang Pilkada, tiba-tiba sejumlah orang menghentikan alat berat yang didatangkan untuk perusahaan tambang emas PT. Bumi Suksesindo (BSI). Menurut warga setempat, kurang lebih ada lima hari, sejumlah warga berindak seperti itu.

BSI Sebagai perusahaan yangsudah dikenal rajin menyalurkan CSR (corporate social responsbility) kepada masyarakat setempat. Saat dikonfirmasi melalui, Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT BSI, Musmin saat dikonfirmasi terkait itu, menegaskan sudah ada pertemuan dengan pihak terkait, melibatkan warga dan tokoh masyarakat.

“Sudah ada pertemuan dan kita sangat komunikatif. Tingga solusi,” kata Musmin kepada Memorandum, Minggu (18/10).

Yogi Turnando, warga Dusun Pancer Desa Sumberagung, hanya menyampaian penolakan terkait penambangan emas di Gunung Tumpang Pitu. Namun tidak jelas, alasan apa mereka menolak hingga berbuntut sweeping dan penolakan kedatangan alat berat. “Intinya kita menolak karena penambangan itu ada dikawasan hutan lindung,” kata Yogi Turnando.

Seperti diberitakan, proses perizinan penambangan emas di gunung Tumpang Pitu, sudah sampai mendekati izin usaha pertambangan (IUP) produksi. Bahkan saham penambangan emas itu sudah dijual bebas dipasar modal.

Pemda Banyuwangi saat ini miliki saham non dilusi 10% di PT Merdeka Serasi Jaya (PT MSJ). PT MSJ adalah pemilik dan pengendali dari PT Bumi Suksesindo (PT BSI) yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk melakukan operasi produksi pertambangan emas di wilayah Tumpang Pitu, Banyuwangi. (swa/coi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Jelang Pilkada Tumpang Pitu “Panas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*