Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Hutan Mangrove Bedul, Simpan Jenis Mangrove Terlengkap Di Indonesia

Hutan Mangrove Bedul, Simpan Jenis Mangrove Terlengkap Di Indonesia

(2473 Views) August 8, 2014 9:44 am | Published by | No comment

wisata bedulBANYUWANGI – Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Dispertahutbun) Banyuwangi mencatat sedikitnya  ada 6 kecamatan di Banyuwangi yang memiliki kawasan hutan mangrove. Diantaranya Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Rogojampi, Tegaldlimo, Muncar dan Purwoharjo.

Diantara hutan mangrove yang ada, hutan mangrove pantai Bedul masuk Desa Sumbersari Kecamatan Purwoharjo, yang menonjol. Bahkan, hutan yang sejak beberapa tahun sudah menjadi Ekowisata Mangrove ini menjadi percontohan tingkat nasional dalam pengelolaan ekowisata mangrove berbasis masyarakat.

“Banyuwangi dijadikan percontohan karena mampu mengelola ekowisata yang melibatkan semua stake-holder mulai Pemerintah Daerah, Taman Nasional Alas Purwo, Perhutani dan masyarakat pinggir hutan,” kata Kepala Dinas Dispertahutbun Banyuwangi, Ikrori Hudanto kepada sunriseofjava.com, Selasa (30/07/2013).

Hutan mangrove di Blok Bedul tumbuh di lahan seluas 2.300 hektare (ha). Luas lahan itu membentang sepanjang 16 Km dipinggir segara anakan kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP).  Di kawasan hutan tersebut diketahui ada 27 jenis mangrove yang hidup dan merupakan terlengkap di Indonesia.

Hutan mangrove Blok Bedul menjadi habitat aneka satwa seperti monyet, biawak, burung bangau, elang laut dan blibis. Bahkan pada di bulan tertentu terdapat sekitar 16 jenis burung migran dari Australia. Diantaranya Cekakak Suci (halcyon chloris/todirhampus sanctus), burung Kirik-kirik laut (Merops philippinus), Ttrinil Pantai (Actitis hypoleucos), dan Trinil Semak (Tringa glareola).

Keberhasilan pengelolaan ekowisata Blok Bedul juga mendukkung sector pariwisata. Tahun 2009 tercatat 11 ribu wisatawan yang  berkunjung. Dan ditahun 2011 jumlahnya meningkat hingga 62 ribu pengunjung.

“Keberhasilan hutan mangrove Bedul juga menyedot ribuan wisatawan asing dan mancanegara,“ tambah Ikrori.

Hutan mangrove memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi ekosistem hutan, air dan alam sekitarnya. Secara fisik hutan mangrove berfungsi dan bermanfaat sebagai penahan abrasi pantai, penahan intrusi (peresapan) air laut, penahan angin.

Juga berfungsi menurunkan kandungan gas karbon dioksida (CO2) di udara dan bahan-bahan pencemar di perairan rawa pantai. Secara biologi hutan mangrove berfungsi dan bermanfaat sebagai tempat hidup (berlindung, mencari makan, pemijahan dan asuhan) biota laut seperti ikan dan udang.

Dilihat dari fungsi dan manfaat sosial dan ekonomi, hutan mangrove juga memilliki peran penting. Mulai dari tempat kegiatan wisata alam (rekreasi, pendidikan dan penelitian); penghasil kayu untuk kayu bangunan, kayu bakar, arang dan bahan baku kertas, serta daun nipah untuk pembuatan atap rumah dan tempat sumber mata pencaharian masyarakat nelayan tangkap dan petambak., dan pengrajin atap dan gula nipah.

Categorised in: ,

No comment for Hutan Mangrove Bedul, Simpan Jenis Mangrove Terlengkap Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*