Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Hindari Konflik, Tanah PTPN XII Diukur Ulang

Hindari Konflik, Tanah PTPN XII Diukur Ulang

(720 Views) October 20, 2015 9:03 am | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Hindari konflik Perkebunan – Perhutani Banyuwangi Barat dengan masyarakat desa hutan. Areal tanah HGU milik PT. Perkebunan Nusangtara (PTPN) XII Jatirono dilakukan penghitungan ukuran kembali melibatkan Tim Biroren Malang.

Dilapangan terjadi kesalahpahaman pengelolaan tanah kebun dengan perhutani yang melibatkan PHBM (program hutan bersama masyarakat). Setelah dilakukan pengukuran, ada kawasan yang akhirnya ditetapkan Tim Biroren masuk HGU perkebunan.

“Tidak ada uang penganti, terhadap para petani pengarap tanaman kopi yang lahan garapannya masuk areal Hak Guna Usaha (HGU) PTPN XII Jatirono,” kata Ir.Bambang Sp selaku Administratur (ADM) Perk.Jatirono,usai pelaksanaan penataan ulang Pal batas Hutan di afdeling Gunung Mas, wilayah perbatasan antara Perhutani Banyuwangi Barat dengan HGU PTPN XII Jatirono, kemarindi kantornya .

Lebih jelas Bambang menambahkan,sebelum dilakukan pelaksanaan penataan ulang ini,kita sudah mengadakan kesepakatan bersama petani pengarap tanaman kopi yang selama ini mengelola tanah Perhutani Banyuwangi Barat, namun setelah dilakukan pengukuran oleh Tim Biroren tanggal 1 Januari 2015 yang lalu, lahan tersebut masuk areal HGU kita.

Dalam  pertemuan tanggal (30/9) itu, dilanjutkan juga dengan surat perjanjian yang isinya tidak ada uang ganti rugi  kepada petani pengarap tanaman kopi, bahkan dalam surat perjanjian itu selain ditanda-tangani petani juga diketahui Muspika Kalibaru serta Asisten Perhutani (Asper) Banyuwangi Barat H.Joko, jika ada petani yang masih mengharapkan uang ganti rugi berarti melanggar kesepakatan yang ada.

“Kita memberikan tenggang waktu hingga 31 Oktober 2015 kepada para petani untuk mengosongkan lahannya, bila tidak kita akan mengadakan pemotongan terhadap tanaman kopi,” jelasnya.

Sementara itu dalam pelaksanaan penataan ulang yang disaksikan langsung Muspika Kalibaru,Asper Banyuwangi Barat, berjalan kondusif, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan PTPN XII turunkan puluhan keamanannya.(fai)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Hindari Konflik, Tanah PTPN XII Diukur Ulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*