Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Hilangkan Sengkala Banyuwangi Diruwat

Hilangkan Sengkala Banyuwangi Diruwat

(582 Views) December 9, 2016 6:16 am | Published by | No comment
hilangkan-sengkala

– Ki Dalang Suwadi Setiadi Wibowo, saat acara Ruwatan Banyuwangi, kemarin. (Memorandum-Eko Budi S)

Banyuwangi, Memorandum  – Mengikuti tradisi Jawa, yang percaya bahwa untuk menolak ‘Sengkala’ harus dilakukan ‘ruwatan’, juga dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi. Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), dilakukan ‘Ruwatan’ dengan pagelaran Wayang Kulit yang menampilkan Ki Dalang Suwadi Setiadi Wibowo, di Pelinggihan Budaya Kantor Disbudpar, Kamis (8/12) siang.

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Disbudpar Banyuwangi, Marhen, menjelaskan, selain dalam rangka ruwatan untuk menolak ‘sengkala’, Pagelaran Wayang Kulit tersebut juga sebagai upaya untuk turut ‘nguri-uri’ budaya tradisional yang ada dan berkembang di Banyuwangi.

“Pertama, untuk ngeruwat Banyuwangi, agar aman dan selamat, tidak terjadi apa-apa. Selanjutnya, ini juga dalam rangka nguri-uri budaya,” kata Marhen.

Dijelaskan, pagelaran wayang kulit ini dilakukan dalam dua sessi. Pertama, pagelaran untuk ruwatan yang dilakukan Ki Dalang Suwadi Setiadi Wibowo yang sudah dimulai sejak Pukul 11.00 wib. Dan sessi kedua sebagai hiburan, akan digelar pada malam alam hari mulai pukul 21.00 wib dengan menampilkan Ki Dalang Ghoib Siswoyo. “Acara ini memang tidak termasuk dalam kegiatan Banyuwangi Festival, tetapi agenda kegiatan rutin Disbudpar,” jelas Marhen. (bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Hilangkan Sengkala Banyuwangi Diruwat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*