Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Hasil Jualan Belalang, Bisa Sekolahkan Anak

Hasil Jualan Belalang, Bisa Sekolahkan Anak

(691 Views) April 18, 2016 10:51 am | Published by | No comment
Hasil Jualan Belalang, Info Konsumen

– Uluk, saat menjual Belalang hasil tangkapannya.

Banyuwangi, memorandum – Pada musim hujan dan panas seperti sekarang ini, banyak bermunculan belalang di Dusun Sumberjambe, Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung. Melimpahnya hewan belalang ini membawa berkah tersendiri bagi warga yang tinggal di sekitar kawasan hutan Perhutani tersebut.

Pada musim belalang seperti saat ini, para pedagang belalang bisa memperoleh omzet penjualan hingga ratusan ribu rupiah perhari. Luluk (39), warga Dusun Suberjambe, mengaku bisa mendapatkan uang hingga Rp 250 ribu dari hasil penjualan belalang. “Kalau pas lagi ramai, saya bisa mendapat Rp 250 ribu,” ungkap Luluk, yang mangkal di pinggir sungai Bangorejo ini.

Luluk mengaku, belalang yang dijualnya itu tidak membeli dari tengkulak, melainkan dia dan suaminya yang di hutan Perhutani. “Habis magrib saya dan suami berangkat mencari belalang. Setelah jam satu malam baru pulang,” kata Luluk.

Pagi harinya, belalang hasil tangkapan Luluk dan suaminya itu baru dibawa ketempat jualan dengan cara direnteng, yang setiap rentangnya berisi 80 ekor belalang seharga Rp 10.000. ”Alhamdulillah hasil dari berjualan belalang ini saya bisa membiayai Sekolah anak saya,” tambah Luluk.

Poniyem (45), pedagang belalang lainya, juga merasakan hal yang sama. Buruh tani ini sempat beralih profesi sebagai pedagang belalang untuk membiayai Sekolah anaknya. “Sudah tiga tahun ini, setiap musim belalang saya berjualan belalang,” ungkapnya. (swa)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Hasil Jualan Belalang, Bisa Sekolahkan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*