Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Harus Sinkron Dengan Program SKPD

Harus Sinkron Dengan Program SKPD

(612 Views) October 29, 2015 5:09 pm | Published by | No comment

Agar BUMDes Tak ‘Abu-abu’  

Banyuwangi, Memorandum – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan atas Perda no.21 Tahun 2011 tentang Pedoman Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), menjadi fokus perhatian kalangan anggota DPRD, khususnya yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa.

Drs Suyatno

Drs. Suyatno

Sebagaimana diungkap anggota Komisi I, Drs Suyatno, bahwa dia setuju bila DPRD lebih produktif dalam hal penyusunan dan pembahasan Perda. Namun, kata Suyatno, jangan hanya asal-asalan dan berdasarkan pesanan. “Seperti Raperda tentang BUMDes, misalnya, kita berharap bisa efektif dalam mengaplikasikan di lapangan. Kan selama ini kita tahu, bahwa yang namanya BUMDes itu umumnya hanya hanya menjadi semacam lembaga yang ‘Abu-abu’. Kita tidak ingin seperti itu. Makanya, melalui Perda yang kita bahas ini, kita ingin agar BUMDes bisa menjadi lembaga perekonomian tingkat desa yang benar-benar ‘berdaya’ dalam mengelola potensi desa,” jelas Suyatno, diruang kerjanya, Rabu (28/10) kemarin.

Untuk kepentingan pemberdayaan BUMDes itulah, kata Suyatno, perlu dibentuk Dewan Pembina BUMDes di tingkat kabupaten yang beranggotakan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Dengan adanya Dewan Pembina itu, kita berharap agar pengelolaan BUMDes bisa sinkron dengan program-program yang diluncurkan SKPD di Desa. Satu contoh tentang pengelolaan air minum di Desa Sumberasri yang sebagian besar anggarannya dari SKPD, itu diklaim sebagai binaan Dinas PU yang tidak boleh dikelola oleh BUMDes. Padahal, pembuatan jaringan air minum itu awalnya menggunakan dana ADD (Alokasi Dana Desa). Kalau usaha-usaha semacam itu tidak bisa dikelola BUMDes, ya sama saja bohong. Lalu BUMDes akan mengelola apa?. Kan itu juga merupakan potensi desa yang selama ini dikelola sendiri oleh masyarakat Desa setempat,” beber Suyatno, mantan Kepala Desa Sumberasri, Kecamatan Tegaldlimo, yang saat ini duduk sebagai anggota legislatif itu.

Untuk kepentingan tersebut, Suyatno mengaku telah telah menyampaikan usulan tentang pembentukan Dewan Pembina BUMDes tingkat Kabupaten untuk diakomodasi dalam Perda BUMDes. “Draft Raperda BUMDes itu tadi sudah finalisasi. Dan Alhamdulillah, usulan saya itu bisa dipahami dan diterima,” ungkapnya. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

MEMORANDUM

Categorised in: ,

No comment for Harus Sinkron Dengan Program SKPD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*