Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Harga Gabah Kering Giling Membaik

Harga Gabah Kering Giling Membaik

(397 Views) March 31, 2017 7:00 am | Published by | No comment

– Petani saat menanam bibit padi. (Memorandum – Fattahur)

Banyuwangi, Memorandum – Tetapan harga gabah kering giling yang berangsur membaik menjadi pilihan petani untuk menjual padinya. Saat ini, harga gabah kering ditingkat tengkulak mencapai Rp 3.300 sampai Rp 3.400 per Kg.

Sayuti (48), petani di Desa Kemiren Kecamatan Glagah, menuturkan, jarang sekali para petani yang menjual gabahnya dalam keadaan kadar air yang masih sangat tinggi karena harganya murah. Biasanya petani menjual gabah hasil panen di sawah dengan padi berkadar air rendah atau bisa di katakan Gabah Kering.

Menurutnya, semakin rendah kadar air dan kwalitas padi yang bagus maka harga padi bisa saja naik. Dalam hal ini, petani padi harus pintar-pintar memilah padi kering dan basah yang tujuannya juga untuk mengetahui kwalitas maupun harga gabah di pasaran maupun pada tengkulak.

Harga gabah di pasaran memang cepat sekali berubah-ubah dan diperkirakan harga gabah kering dalam waktu dekat ini mengalami kenaikan. Sesuai harga yang ditetapkan harga gabah kering Rp 3.300 sampai Rp 3.400 yang mana harga ini berbeda dengan harga di tengkulak karena mereka berani membeli gabah kering dengan harga lebih dari tetapan harga gabah kering pemerintah.

Sementara tentang sistem ‘ijon’ yang seringkali membelit petani, Sayuti mengaku kurang mengetahui. “Biasanya petani padi yang punya hutang atau kurang modal untuk bercocok tanam, dibayar dimuka oleh tengkulak. Nanti hasil panen padinya otomatis milik tengkulak,” ungkapnya. (fat)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Harga Gabah Kering Giling Membaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*