Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Hampir Seluruh Penambangan Galian C di Banyuwangi Liar

Hampir Seluruh Penambangan Galian C di Banyuwangi Liar

(776 Views) January 7, 2016 10:02 am | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Pemindahan kewenangan penerbitan izin usaha pertambangan sumber daya mineral (Galian C) dari Pemerintah Daerah setempat kepada Pemerintah Propinsi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor; 23 Tahun 2014, membuat kondisi usaha penambangan Galian C di Banyuwangi semakin parah.

Hal tersebut sebagaimana diungkap oleh Salimi, seorang mantan pengusaha penambangan Galian C yang saat ini menjadi anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi PDI Perjuangan. Menurutnya, ketika kewenangan penerbitan izin usaha penambangan tersebut masih berada di Pemerintah Daerah setempat, ternyata sebagian besar usaha penambangan tersebut masih belum mengantongi izin usaha. Selain itu, kata Salimi, dari seluruh usaha penambangan galian C yang ada di Banyuwangi, nyaris tidak ada satupun yang melakukan reklamasi di bekas usaha pertambangannya.

“Setahu saya, yang melakukan reklamasi itu hanya ada satu, yaitu penambangan pasir yang ada di Desa Patoman. Itu benar-benar reklamasi. Selain itu, di rata-rata bekas penambangan itu hanya dilakukan pemerataan tanah (diurug) dengan menggunakan tanah-tanah bekas galian awal, Padahal yang namanya reklamasi kan tidak seperti itu,” Kata Salimi, diruang kerjanya, Rabu (6/1) kemarin.

Konyolnya, lanjut Salimi, sejauh ini tidak ada tindakan apapun dari pemerintah daerah tentang masalah reklamasi ini. Padahal, pada saat mengurus perizinan setiap pengusaha harus menyetorkan uang jaminan reklamasi di Bank Jatim. “Saya tidak tahu apakah uang jaminan reklamasi itu bisa cair atau tidak. Tetapi yang jelas, dengan uang jaminan itu pemerintah daerah kan bisa melakukan reklamasi bila pengusaha yang bersangkutan tidak melakukannya,” kata Salimi.

Menurut Salimi, berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) yang dikumpulkan dari masing-masing wilayah Kecamatan, saat ini ada sebanyak 52 titik usaha penambangan galian C di Banyuwangi. Dari jumlah tersebut, yang telah mengantongi izin resmi baru 2 pengusaha. “Berarti kan 99,99 persen usaha penambangan galian C di Banyuwangi masih belum berizin. Dan itu bisa dikategorikan sebagai usaha penambangan alias liar,” ungkapnya.

Sayangnya, permasalahan tentang usaha penambangan Galian C ini belum bisa dikonfirmasi langsung kepada pihak Disperindagtam. Kepala Disperindagtam, Ir Hary Cahyo Purnomo, masih berada di lapangan ketika Memorandum mendatangi kantornya, kemarin. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Hampir Seluruh Penambangan Galian C di Banyuwangi Liar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*