Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Gua Jepang diantara Keindahan Alam Pantai Lampon

Gua Jepang diantara Keindahan Alam Pantai Lampon

(1165 Views) January 17, 2017 10:57 am | Published by | No comment

Ekspedisi Team Banyuwangi Tempo Doeloe 2016

Pantai Lampon terletak di desa Pesanggaran Kecamatan Pesanggaran berjarak ± 74 Km dari Kota Banyuwangi dan 35 km dari kota Genteng. Akses jalan menuju Pantai Lampon sudah lumayan bagus, Pantai Lampon termasuk kawasan pantai selatan, sehingga disana masih kental dengan mitos pantai Selatan.Area Pantai ini berdekatan dengan MARKAS TNI AL dimana pantai ini sering digunakan untuk tempat berlatih TNI AL. Kawasan ini dikelola oleh TNI AL dan Dinas Perikanan.

Di Pantai Lampon terdapat sebuah bangunan bersejarah diantaranya Gua Jepang yang dibangun oleh tentara Jepang dan reruntuhan bangunan bekas tsunami tahun 1994. Untuk bisa Melihat gua Jepang ini, team harus naik kebukit yang terjal. Setelah sampai di puncak rasa takjub tatkala melihat pemandangan alam sekitar pantai yang sangat bagus dan indah. Kita juga bisa mengintip pemandangan laut dari gua pengintaian. Saat ini kondisi Gua masih kokoh dan kuat.

Dahulu ada jembatan yang menghubungkan jalan kebukit dan bisa dilalui kendaraan Tank. Dimana Bukit-bukit di areal pantai lampon menjadi tempat pengintaian yang sangat strategis. Dari informasi masyarakat sekitar di bukit yang lainya banyak gua-gua yang dibangun tentara Jepang -+40 gua dan sekarang gua-gua tersebut hanya beberapa saja yang masih bisa dilihat karena rusak dimakan usia dan terjangan sunami tahun 1994.

Di areal ini masih ada 2 torpedo besar yang Masih aktif yang terpendam di areal Pantai dan pesisir dan sudah pernah dilakukan cek via satelit tentang keberadaan Torpedo tersebut.

Areal pantai yang dulu menjadi Kampung yang sangat ramai karena terjangan sunami yang hebat menjadi rata dengan tanah. Masyarakat direlokasikan ke tempat lainya dan sekarang areal ini Milik markas TNI AL.

Oleh : MunawirBanjoewangie Tempo Doeloe

Categorised in: , ,

No comment for Gua Jepang diantara Keindahan Alam Pantai Lampon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*