Gapoktan Mojokerto Belajar di Banyuwangi

783 views
banner 468x60)

Banyuwangi, Memorandum – Gapoktan (Gabungan Telompok Tani) Rukun Santoso Desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru mendapat kunjungan dari Gapoktan Kabupaten Mojokerto, Kamis (12/5). Kedatangan rombongan berjum;ah 240 orang itu disambut langsung oleh Kepala Desa Kajarharo, Drs.Suharto, Dinas Pertanian Banyuwangi yang diwakili Ir Suroto, koordinator PPL Nurul Komariyah, serta ketua Gapoktan dan Poktan.

Salah seorang anggota rombongan, Wiji, menjelaskan, kedatangannya ke Gapoktan Rukun Santoso selain untuk bersilaturahmi kepada sesama Gapoktan, adalah untuk mencari ilmu. “Pertanian yang dikembangan disini seperti apa, barangkali kita bisa aplikasikan di Kabupaten Mojokerto. Kami memilih datang di Banyuwangi, khususnya di Gapoktan Rukun Santoso ini, karena hasil dan prestasinya dalam hal pertanian cukup dikenal,” ungkapnya.

Dalam sambutanya, Drs Suharto, mengatakan, pengalaman yang diperoleh disini bisa dibawa ke Mojokerto untuk pengembangan anak cucu kita nanti. “Saya sudah pesan kepada ketua gapoktan, apa yang diberikan dan diterapkan kepada petani di Desa Kajarharjo semuanya berikan kepada Gapoktan Mojokerto. Siapa tahu Ilmu yang diberikan bisa bermanfaat untuk anak cucu kita,” paparnya.

Sementara itu, Moh Jamil, Tim pendamping yang mewakili kepala Dinas kabupaten Mojokerto menyatakan, ingin melihat langsung bagaimana pemberdayaan masyarakat disini. “Kami sangat terkesan dengan kelembagaan disini. Yang jelas jika kelembagan kuat seperti desa Kajarharjo ini  membangun apa saja bisa dilakukan, mungkin ini salah satu yang bisa kita bawa ke Mojokerto,”  kata Moh Jamil. (fai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply

*