Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Festival Wayang Kulit Kembali Akan Hadirkan Ki Manteb Sudhasono

Festival Wayang Kulit Kembali Akan Hadirkan Ki Manteb Sudhasono

(1661 Views) October 1, 2015 7:00 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Pagelaran wayang kulit kembali memeriahkan Banyuwangi Festival 2015. Setelah tampil dua tahun lalu, Ki Manteb Soedharsono kembali tampil di Banyuwangi. Ki Mantep akan unjuk kebolehannya selama semalam suntuk di Lapangan Maron Genteng, Sabtu (3/10).

Dalang kondang asal Karanganyar Jawa Tengah ini akan memuaskan pecinta seni tradisional ini dengan lakon Lakon ‘Ismoyo Maneges’. Dikatakan Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, lakon ini  sengaja dipilih untuk memberikan sekilas gambaran tentang seorang pemimpin yang sedang meminta petunjuk kepada sang Pecipta atas kondisi dunia yang penuh dengan kekacauan.

Ismoyo adalah perwujudan Semar. Sedangkan maneges berarti minta. Kisah ini berisi tentang kegelisahan Semar atas kondisi dunia. Dia kemudian semedi untuk meminta petunjuk dari Yang Maha Kuasa dan akhirnya bisa mengatasi beragam masalah. “Secara singkat, Ismoya Maneges berkisah tentang negeri Astina yang dilanda perpecahan karena perbedaan pendapat. Semar pun lalu meminta petunjuk untuk mengatasi masalah ini,” terang Bramuda.

Festival Wayang Kulit ini digelar sebagai salah satu sarana untuk melestarikan kesenian Jawa. “Selain Using, di Banyuwangi suku Jawa juga dominan, khususnya di wilayah selatan Banyuwangi. Dalam B-Fest ini, kami akomodir gelaran-gelaran yang mewakili sejumlah kebudayaan setempat. Wayang ini salah satunya,” kata Bramuda.

Lebih jauh, kata Bramuda, permainan wayang kulit ini mengandung filosofi dan makna yang dalam dari setiap lakon yang mainkan dalang. “Untuk itu kami sengaja datangkan kembali dalang klasik Ki Manteb untuk menceriterakan lakon yang bisa menjadi tauladan dan contoh. Ki Mantep akan tampil semalam suntuk dengan sabetan-sabetan khasnya. Dipastikan para pecinta wayang kulit akan terpuaskan,” kata Bramuda.

Dalam performnya nanti dalang yang terkenal mahir pada olah suara ini akan memainkan ceritanya dengan diiringi tampilan peralatan audio yang canggih. Ki Mantep akan tampil mulai pukul 20.00 WIB. (Humas Protokol)

Categorised in: ,

No comment for Festival Wayang Kulit Kembali Akan Hadirkan Ki Manteb Sudhasono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*