Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Festival Sego Cawuk ‘Angkat Cita Rasa Daerah’ ke Nasional

Festival Sego Cawuk ‘Angkat Cita Rasa Daerah’ ke Nasional

(1028 Views) April 10, 2016 6:48 pm | Published by | No comment

Festival Sego Cawuk Foto 3

Sekretaris Daerah Slamet Karyono didampingi Alif Kartiono saat mengunjungi stand peserta sego cawuk

Banyuwangi, Memorandum – Upaya peningkatan nilai tambah produk  makanan (Kuliner) bagi pelaku usaha makanan khas daerah terus didukung. Salah satunya yang dilakukan Dinas Koperasi UMKM kabupaten Banyuwangi, dengan menggelar Festival Sego Cawuk dalam rangkaian Banyuwangi Festival 2016.

Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM, Alief Kartiono mengatakan, Festival Kuliner yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya ini, merupakan upaya untuk mengangkat citra masakan daerah, sehingga keberadaannya akan lebih dikenal luas oleh masyarakat.

“ Dengan berbagai ragam kreasi dan inovasi, Sego Cawuk yang merupakan kuliner khas Banyuwangi, kita angkat citranya kelingkup regional, nasional bahkan internasional,” ucap Alief Kartiono kepada Memorandum disela acara itu, Sabtu (9/4).

Selain itu, potensi makanan khas kedaerahan yang selama ini kurang memasyarakat, sangat dimungkinkan menjadi kuliner unggulan daerah. Pihaknya akan terus mendorong pelaku kuliner untuk mengembangkan ketrampilannya di bidang usaha makanan khas.

“ Melalui festival Kuliner ini, cita rasa dan penampilan sego cawuk akan meningkat, pelaku usaha makanan akan berinovasi, bagaimana cara penyajian sego cawuk yang menarik,” tambah, I Made Maharta Ketua Panitia Festival Sego Cawuk.

Festival Sego Cawuk, foto 1

Menko Maritim Rizal Ramli bersama Bupati Abdullah Azwar Anas pembukaan Festival Sego Cawuk dan dua pameran di Taman Blambangan Banyuwangi

Perlu diketahui, Festival Sego Cawuk 2016 dibuka langsung oleh, Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli di damping Bupati Abdullah Azwar Anas. Dalam sambutan pembukanya, Bupati Banyuwangi mengatakan, tujuan diadakannya festival sego cawuk ini, untuk meningkatkan kualitas makanan dan mendorong para pedagang makanan khas daerah menjaga higienitas dan kebersihan makanan. Sego Cawuk biasanya dihidangkan sebagai sarapan khas masyarakat Banyuwangi, yang merupakan sajian sederhana, yang terdiri dari nasi yang dicampur dengan kuah parutan kelapa dan kuah ikan pindang. Serutan jagung muda bakar disertai lauk pendamping, seperti halnya pepes ikan, telur pindang, tahu cacah, dihidangkan bersama segarnya daun semanggi dan sambal sereh.

Festival Sego Cawuk, diikuti 165 peserta yang berasal dari pedagang kecil, chef hotel, depot dan restoran yang ada di Banyuwangi. Pengunjung festival juga berkesempatan melihat produk UMKM dan pameran kembang dari kelompok penghobi bunga di Banyuwangi. Yakni Art Week dan Agro Expo yang bersamaan digelar mulai tanggal 9 sampai 13 April 2016 mendatang.

Festival Sego Cawuk Foto 2

Plt. Dinas Koperasi dan UMKM Alif Kartiono saat membagikan hadiah pemenang Festival Sego Cawuk hasil penilaian Chef Aiko

Rizal Ramli: Tirulah Banyuwangi yang Inovatif

Menteri Koordinator Bidang Maritim Rizal Ramli menyampaikan melalui festival kuliner, Art Week dan juga Agro Expo ini, masyarakat Banyuwangi bisa menunjukkan potensinya.

Untuk itu Rizal mengajak pemimpin daerah dan jajarannya untuk bisa meniru Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Sebab kata dia, terbukti kebijakan dan inovasi yang dikeluarkan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat Banyuwangi.

Terbukti, berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), dalam lima tahun terakhir pendapatan per kapita masyarakat Banyuwangi mengalami kenaikan dari Rp 14,7 juta per kapita per tahun, menjadi Rp 33,6 juta per kapita per tahun. Kini Banyuwangi telah menggeser Malang sebagai kabupaten paling maju di Jawa Timur.

“Saya kira kita semua bisa belajar dari Banyuwangi, dirjen, direktur BPJS karena terjadi perubahan yang begitu besar dalam lima tahun terakhir. Ternyata bisa mengubah Indonesia asal pemimpinnya hebat, pemimpinnya amanah, pemimpinnya betul-betul bekerja untuk rakyat,” kata Rizal.

Setelah membuka tiga rangkain festival Banyuwangi sekaligus, Rizal yang datang dengan menggunakan helikopter dan mendarat di Stadion Diponegoro Banyuwangi ini juga akan membagikan BPJS Ketenagakerjaan bagi 1000 nelayan di Muncar Kabupaten Banyuwangi.  (ydi/fat/coi)

Festival Sego Cawuk Foto 4.3

Festival Sego Cawuk Foto 4.2

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Festival Sego Cawuk ‘Angkat Cita Rasa Daerah’ ke Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*