Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Festival Barongan Nusantara

Festival Barongan Nusantara

(2115 Views) October 12, 2015 12:03 pm | Published by | No comment

Hanya Diikuti Banyuwangi dan Bondowoso

Barongan NusantaraBanyuwangi, Memo – Festival Barongan Nusantara yang digelar Pemkab Banyuwangi, Minggu (11/10) kemarin, hanya diikuti oleh dua kontingen, yakni; Banyuwangi selaku tuan rumah dan kontingen Kabupaten Bondowoso. Namun demikian, festival yang menampilkan ‘sosok mahluk aneh’ yang diidentifikasikan sebagai ‘Singa’ itu cukup mampu menarik perhatian masyarakat. Masyarakat memadati sepanjang ruas jalan yang dilewati parade ‘Barong’ yang dibawakan oleh masing-masing kontingen mulai dari start di depan kantor Pemkab hingga finish di Taman Blambangan.

Bupati H Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya mengatakan, Barong merupakan bagian dari seni-budaya dan kultur masyarakat beberapa daerah Nusantara, termasuk Banyuwangi. Melalui penyelenggaraan festival ini, kata Bupati Anas, diharapkan akan terkuak latar belakang keberadaan Barong Nusantara, yang masing-masing daerah tentu memiliki catatan sejarah sendiri-sendiri. Untuk itu. Bupati meminta kepada jajaran panitia pelaksana untuk mempersiapkan lebih baik lagi pelaksanaannya pada tahun depan. “Pak Sekda, Kepala Dinas Pariwisata, dan semua yang terlibat, tolong disiapkan tentang jadual pelaksanaannya dengan lebih baik agar pada tahun depan tidak sampai ‘berjubel’ dan terjadi benturan dengan festival lainnya,” kata Bupati Anas.

Terpisah, Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, Ir Choliqul Ridha, kepada Memo menjelaskan, undangan dan pemberitahuan untuk menjadi peserta festival sebenarnya sudah terkirim ke berbagai daerah di Jawa yang memiliki kesenian barong. “Undangan untuk menjadi peserta sudah terkirim sejak bulan Agustus lalu. Dan rata-rata daerah sudah mengkonfirmasi kepada kita bahwa untuk pelaksanaan yang pertama ini mereka menyatakan belum bisa berpartisipasi. Alasannya karena masalah tidak adanya anggaran. Dan tahun depan mereka sudah memastikan akan berpartisipasi,” jelasnya. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Festival Barongan Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*