Thursday, August 6, 2020
Home LAROS Februari Mendatang, Batik Banyuwangi Bakal Tampil di Indonesian Fashion Week 2015

Februari Mendatang, Batik Banyuwangi Bakal Tampil di Indonesian Fashion Week 2015

BANYUWANGI – Batik Banyuwangi bakal tampil di Indonesian Fashion Week (IFW) 2015. Priscilla Saputro, desainer batik kenamaan asal Yogyakarta turut berperan dalam mempersiapkan event fashion bergengsi yang saat ini memasuki tahun ke-4 tersebut.

“Saat ini kami tengah ngebut menggarap persiapannya,” kata Priscilla Saputro  ketika menggelar sarasehan pengembangan batik Banyuwangi, Kamis (22/1), di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi.

Melibatkan 9 desainer batik asli Bumi Blambangan, Priscilla memastikan ajang ini akan bercita rasa unik. Mengangkat khasanah lokal namun dibalut dengan desain yang modern.

“Ke 9 desainer tersebut sudah mulai mendesain batiknya bersama kami. Mereka masing-masing kami beri tugas untuk membuat 5 desain baju batik yang nantinya akan dipajang di booth (stand, Red) yang ada,” terang istri produsen batik kenamaan, Moses Saputro itu. Total akan ada 45 desain baju batik yang dipamerkan dalam kegiatan yang digelar mulai 26, 27, 28 Februari hingga 1 Maret 2015 tersebut.

Dan tak sekedar booth yang menampilkan karya batik Banyuwangi. Menariknya, pengunjung bisa browsing apa pun tentang Banyuwangi dan berbagai potensi khasnya lewat teknologi Information Technology (IT) yang dipasang di booth tersebut.  “Pokoknya para pengunjung akan takjub dan terbuka matanya lebar-lebar soal Banyuwangi dan batiknya. Selama ini kan mereka kenalnya batik Pekalongan dan Madura. Ini lho, kami mau tampilkan batik Banyuwangi yang tak kalah menarik. Ini adalah starting point dimana batik Banyuwangi bisa dikenal secara luas,” beber Priscilla.

Priscilla yakin, batik Banyuwangi mampu mencuri perhatian khalayak nasional dan internasional. “Batik Banyuwangi itu satu-satunya batik kontemporer yang punya filosofi. Dari 44 motif yang ada, kami akan angkat 20 di antaranya dalam ajang IFW ini,” tandas Priscilla sambil menyebut beberapa di antara  jenis motif yang ditampilkan. Yakni Gajah Oling, Paras Gempal, Kangkung Setingkes, Ombak Alus, Tempeh dan Manggisan.

Khusus untuk desain baju batik Banyuwangi, para model akan membawakannya di atas runway pada 28 Februari.  Jumlahnya ada  58 desain batik. Pengerjaan bahan dasar dan bahan jadinya, kata Priscilla, sekarang juga sedang dijalani.

Priscilla akan mengusung tema Novum Ethno (etnik yang mengarah pada pembangunan yang luar biasa, Red) dengan sub tema Androgini (peleburan maskulinitas dan feminitas dalam sebuah tampilan, Red).

Tidak main-main, 10 besar finalis Putri Indonesia 2014 akan tampil berlenggak-lenggok di atas catwalk membawakan desain batik khas Bumi Blambangan ini.

“Kami juga ingin membuka mata dunia bahwa batik Banyuwangi bisa tampil di ajang bergengsi ini karena kepedulian pemerintah daerahnya terhadap pelestarian budaya lokalnya. Juga bentuk kepedulian pemkab terhadap nasib para pengrajinnya. Ini patut dicontoh daerah lain,”tandas Priscilla yang juga owner dari Batik Nyonya Indo ini. (Humas & Protokol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Most Popular

Hasil Rapid Test 22 Tenaga Medis Banyuwangi Reaktif, Fraksi PKB: Ini Serius

KABAR RAKYAT - Hasil rapid test 22 orang tenaga medis di Kabupaten Banyuwangi menunjukan hasil reaktif. Hal ini menjadi perhatian serius Fraksi Partai Kebangkitan...

Dinas Pertanian Pangan Minta Masyarakat Hati-hati Beli Daging Murah

KABAR RAKYAT - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam membeli daging sapi dengan tidak tergiur harga murah. Apalagi pada...

Empat Orang Warga Sarongan dan Kandangan Diamankan Reskrim Polresta Banyuwangi

KABAR RAKYAT -  Empat orang diduga pelaku perusakan dan pengeroyokan, tiga fasilitas gedung dan lima orang petugas pada Balai Taman Nasional Meru Betiri (BTN-MB)...

Pasien Positif Corona di Banyuwangi Kini Bertambah Satu Orang Lagi

BANYUWANGI – Pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Banyuwangi hari ini, Minggu (17/5/2020), bertambah 1 orang sehingga menjadi lima orang. Pasien terbaru atau...

Recent Comments

infobanyuwangi on Pengeroyok Pemuda Krajan Dibui
infobanyuwangi on Kopdar IM Banyuwangi ke-2
mohammad taufiqurrohim on Program Beasiswa BANYUWANGI CERDAS
Live Update COVID-19 Indonesia