Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Eksekutif Usul Bab Baru di Raperda Desa Wisata

Eksekutif Usul Bab Baru di Raperda Desa Wisata

(526 Views) June 16, 2016 10:17 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Bupati Banyuwangi menyampaikan pendapat atas diajukannya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Desa Wisata oleh DPRD Kabupaten Banyuwangi, dalam rapat paripurna Dewan, Jumat ( 17/6) Pekan lalu.

Pendapat Bupati Banyuwangi terhadap Raperda dimaksud, yang dibacakan Wakil Bupati, Yusuf Widyatmoko, S.Sos menyatakan, memiliki kesepahaman dan sependapat dengan subtansi yang diatur dalam Raperda. Namun eksekutif mengusulkan dasar hukum mengingat ditambahkan dasar hukum diantaranya, Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah. Dan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi No. 13 Tahun 2012 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Banyuwangi.

Menyempurnakan pengertian Desa Wisata, sehingga berbunyi Desa Wisata adalah suatu bentuk integrasi antara potensi daya tarik wisata alam, wisata buatan, dan wisata budaya dalam suatu kawasan tertentu dengan didukung atraksi, akomodasi dan fasilitas lainnya, yang telah dilembagakan dan dikelola oleh Pemerintah Desa bersama masyarakat.

“ Ketentuan Pasal 11 disempurnakan, sehingga berbunyi, Dalam pengembangan Desa Wisata, Pemerintah Daerah dapat melibatkan Badan atau Lembaga yang bergerak di bidang Kepariwisataan” ucap Wakil Bupati, Yusuf Widyatmoko dihadapan anggota Dewan.

Selain hal tersebut, eksekutif juga mengusulkan adanya BAB baru yang mengatur ketentuan sanksi administrasi, seperti halnya , setiap pengusaha pariwisata yang tidak memenuhi ketentuan , sebagaimana dimaksud dalam pasal yang mengacu pada ketentuan pasal yang mengatur kewajiban pengusaha pariwisata sebagaimana usulan eksekutif dikenakan sanksi administrasi berupa, teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha dan pembekuan sementara kegiatan usaha. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Eksekutif Usul Bab Baru di Raperda Desa Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment