Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Duta Daerah Jadi Konsep Baru Menggantikan Jebeng Thulik

Duta Daerah Jadi Konsep Baru Menggantikan Jebeng Thulik

(507 Views) December 3, 2017 12:15 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Konsep Jebeng Thulik dirubah menjadi Duta Daerah Banyuwangi jadi pilihan alternatif mendongkrak semua sektor yang ada di Banyuwangi.

Jebeng sendiri merupakan sebutan untuk perempuan Banyuwangi, sedangkan Thulik merupakan sebutan untuk laki-laki suku Osing Banyuwangi. Dengan perubahan konsep sekaligus nama menjadi Duta Daerah diharapkan dapat memberi warna berbeda.

“Kami melihat ada kerancuhan. Oleh sebab itu kita rubah menjadi pemilihan duta daerah,” kata Ketua Juri Duta Daerah Banyuwangi 2017, Budianto.

Kerancuhan yang dimaksud adalah kesalahan persepsi saja. Jadi, perubahan konsep Jebeng Thulik menjadi Duta Daerah dipilih berdasarkan fungsinya dengan diikuti oleh jebeng thulik Banyuwangi. Karena kita ketahui bersama, jebeng thulik merupakan sebutan bagi perempuan dan laki-laki suku Osing Banyuwangi.

(Baca juga : https://kabarrakyat.id/galih-dan-reynaldo-duta-daerah-banyuwangi-2017)

Dari pemilihan Duta Daerah itu diharapkan bisa membantu pemerintah serta mempromosikan Banyuwangi dalam berbagai bidang. Tidak hanya melulu pariwisatanya saja, sektor lainnya juga harus dikenalkan dan dikembangkan yang nantinya akan disinergikan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bersangkutan bertujuan mempromosikan SKPD terkait.

Sementara ini, ada enam sektor yang dikembangkan melalui pemilihan Duta Daerah Banyuwangi antara lain, Duta Maritim, Kesehatan, Pertanian, Pendidikan, Lingkungan, dan Pariwisata.

Dan tahun berikutnya, beberapa SKPD juga ingin bergabung dan minta dipromosikan lewat Duta Daerah. Jadi, sektor yang akan dikenalkan Duta Daerah lebih banyak serta meluas.

Daripada SKPD yang memilih dutanya sendiri, diakuinya memang butuh biaya yang cukup mahal dan kurang efektif.

Yang jelas, Duta Daerah terpilih harus bisa memberikan warna yang positif dan berbeda terhadap pengembangan Banyuwangi secara keseluruhan. Bagaimanapun juga, kemajuan suatu daerah ditentukan oleh bagaimana daerah membranding wilayahnya dengan bergerak bersama-sama mewujudkan Banyuwangi lebih baik.

Reporter : Fattahur

Sumber : https://kabarrakyat.id/duta-daerah-jadi-konsep-baru-menggantikan-jebeng-thulik/

 

No comment for Duta Daerah Jadi Konsep Baru Menggantikan Jebeng Thulik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*