Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Durian Merah Banyuwangi Siap Mendunia

Durian Merah Banyuwangi Siap Mendunia

(1348 Views) January 27, 2015 9:26 am | Published by | No comment

durian merah banyuwangi yang menduniaJAKARTA,  –  Tumpukan kartu nama setinggi ruas jari orang dewasa itu tergeletak di atas meja. Itulah kartu nama para pemesan durian merah. Mereka berharap si empunya pohon durian merah banyuwangi, Serad (74) segera menghubungi saat raja buah itu siap panen. Serad di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur itu, memiliki 4 pohon durian merah. Seperti dikutip kompas, Jumat (23/5/14), Serad menuturkan durian merah yang mengacu pada daging buah merah itu sudah ada di kebun sejak kakeknya masih hidup.

Sejatinya durian merah hanya dijumpai di Kalimantan, bukan Pulau Jawa. Kalimantan sejauh ini adalah sumber plasma nutfah durian di Indonesia. Kepala Pusat Kajian Buah Tropika, Institut Pertanian Bogor, Sobir PhD mengatakan, durian berdaging buah merah tersebar di Kalimantan Tengah hingga ke arah pantai timur Pulau Kalimantan. Salah satu jenis durian merah alam yang terdapat di hutan-hutan Kalimantan adalah lahong Durio dulcis.

Lahong istimewa karena kulit buahnya benar-benar merah, tapi berdaging kuning. Berbeda dengan durian merah banyuwangi yang berkulit kuning, tapi berdaging merah. Durian merah banyuwangi masuk dalam kelompok Durio zibethinus seperti durian yang dijajakan pedagang seperti durian monthong, petruk, sunan, parung, dan lainnya.

Serad bukan satu-satunya pemilik durian merah banyuwangi. Durian merah di Banyuwangi dapat dijumpai di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Songgon, Glagah, Licin, dan Kalipura. Pohon tertua memang milik Serad  di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Lingkar batang pohon milik Serad mencapai 2,5 pelukan orang dewasa dan diduga berumur lebih dari 4 abad.

Di Banyuwangi total terdapat 62 varian durian merah. Pakar tanaman di Bogor, Jawa Barat, Gregori Garnadi Hambali mengatakan penyebaran durian merah di luar Kalimantan merupakan hasil introduksi. Itu artinya orang membawa benih durian merah dari Kalimantan. Namun, sampai saat ini belum terungkap siapa yang menanamnya pertamakali di Banyuwangi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi memberi perhatian khusus untuk pengembangan durian merah, mengingat instansi pertanian dari Malaysia dan Tiongkok mulai tertarik mengembangkan durian merah, varietas Dubang.  Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, Pemkab Banyuwangi terus melakukan inovasi, terutama kemasan sehingga ke depan durian merah tak hanya dijual sebagai buah segar, tapi dapat menjadi oleh-oleh khas Banyuwangi. Boleh jadi sebutan Kota Pisang yang disandang Banyuwangi akan bersalin menjadi Kota Durian Merah.

JITUNEWS.COM

Categorised in:

No comment for Durian Merah Banyuwangi Siap Mendunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*