Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Dump Truk Pengangkut Galian C Langgar Kelas Jalan, Picu Kerusakan Jalan Desa

Dump Truk Pengangkut Galian C Langgar Kelas Jalan, Picu Kerusakan Jalan Desa

(765 Views) June 29, 2016 6:31 pm | Published by | No comment

dump truk pengangkut galian C langgar kelas jalan

Banyuwangi, Memorandum – Banyaknya dump truk yang melintas di jalan Desa Pendarungan, Kecamatan Kabat, membuat jalan menjadi rusak parah. Kerusakan jalan ini dipicu kelas jalan yang tidak sesuai dengan kendaraan yang melintas. Apalagi dump truk tersebut seluruhnya sarat dengan muatan tambang galian C yang melebihi tonase yang diizinkan.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Banyuwangi menyatakan, pihaknya sudah pernah melakukan kroscek ke jalan Desa Pendarungan. Kondisinya jalan di sana memang rusak parah. “Saya sudah sempat cek, mulai pertigaan Pendarungan ke timur hingga rel Kereta api kondisinya rusak parah,” jelas Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Banyuwangi Hary Iswadi.

Kerusakan tersebut menurutnya memang dipicu kendaraan yang tidak sesuai dengan kelas jalannya melintas di jalan tersebut. Tidak hanya pelanggaran kelas jalan, kendaraan yang melintas di tempat itu juga melebihi tonase yang diperbolehkan. Sehingga semakin memperparah kerusakan jalan di tersebut.

Ditanya apakah pihak Dishubkominfo akan melakukan tindakan terhadap kendaraan dump truk yang melintas di jalan Desa itu? Hary Iswadi menyatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menindak. Pihaknya hanya sebatas menentukan kelas jalan dan rambu lalu lintas. “Untuk penindakan bukan wewenang kami,” tegasnya.

Akan tetapi pihaknya memiliki kewenangan untuk mencabut izin usaha pengangkutan yang dimiliki pengusaha truk bersangkutan. Tindakan pencabutan ini bisa dilakukan jika kendaraan yang dimiliki pengusaha itu berungkali melakukan pelanggaran. “Kami bisa melakukan pencabutan izin (pengangkutan) jika ada pemberitahuan dari Polisi terkait pelanggaran yang dilakukan,” bebernya.

Lulusan Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri ini menegaskan, diduga dump truk sengaja melintas di jalan Desa untuk menghindari jalan poros. Jalan desa, kata Dia, dijadikan sebagai jalur tikus untuk menghindari petugas yang berwenang.

Seperti diberitakan, masyarakat Desa Pendarungan dan sekitarnya mengeluhkan aktivitas pengangkutan tambang galian C dengan menggunakan dump truk di sekitar Desa tersebut. Warga menilai intensitas angkutan tambang galian C terlalu tinggi sehingga menganggu aktivitas warga. Tidak hanya itu, lalu lalang dump truk ini juga menimbulkan polusi udara dari debu yang bertaburan saat kendaraan tersebut melintas. Dalam sehari dump truk tersebut bisa melakukan ratusan trip. (jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dump Truk Pengangkut Galian C Langgar Kelas Jalan, Picu Kerusakan Jalan Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*