Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Yons DD

Dulur Isun : Yons DD

(1061 Views) May 14, 2016 8:33 am | Published by | No comment

Semebyar Kemana-mana

Yons DD

Awal tahun 2000-an ketika musik dan lagu daerah Banyuwangi seperti “mati suri”, tiba-tiba muncul sekelompok anak muda yang mendirikan grup musik dengan nama; Patrol Orkestra Banyuwangi (POB). Melalui album perdana berisi 10 buah lagu yang warna musiknya sengaja dibuat beda dengan aransemen lagu-lagu Banyuwangen sebelumnya, kehadiran POB ketika itu langsung menghentak dan mengejutkan khalayak musik Banyuwangi.

Jejak kehadiran grup musik yang cukup fenomenal itu tampak jelas dari lagu “Usum Layangan”, yang sebagian besar masyarakat Banyuwangi serta penikmat lagu-lagu Banyuwangen di daerah lain begitu hafal dengan nada dan syairnya. Selain berhasil memunculkan nama vokalisnya, Catur Arum, kedalam deretan penyanyi lagu daerah Banyuwangen, gebrakan yang dilakukan POB itu ternyata juga berhasil mengangkat nama salah seorang musisinya, yakni; Yons DD.  Pria kelahiran 24 April 1963 yang punya nama asli; Triyono Adi inilah yang menjadi salah satu pemrakarsa berdirinya POB.

Menurutnya, ide pendirian grup musik POB itu berawal dari kesukaan tabuhan bersama teman-teman sekampungnya di lingkungan Kelurahan Lateng. Waktu itu, kata Yons, setelah sekitar 4 tahunan berkelana mengadu nasib di Kota Balikpapan dan Samarinda (Kalimantan Timur),

pada tahun 1991 dia pulang kampung dan bekerja serabutan. Dan setelah beberapa tahun berada kembali di tanah kelahiran, dia merasa kecewa dan jiwa seninya pun memberontak. Itu karena musik dan lagu-lagu daerah Banyuwangen yang disukainya seakan tenggelam dan hilang tertelan hiruk-pikuknya musik Electon yang ketika itu sedang booming.

Sampai saat ini, sudah puluhan buah lagu yang diciptakannya. Salah satu lagunya yang berjudul “Semebyar” – yang dalam album POB dinyanyikan oleh Adistya Mayasari – bahkan sudah direkam sebanyak 43 kali. “Alhamdulillah, lagu Semebyar yang saya ciptakan saya itu sudah semebyar kemana-mana, bahkan sampai ke daerah Sumatera. Dan lagu itu pula yang sudah banyak memberikan rezeki kepada saya,” katanya mantab. Aju kelendi POB-ne, Kang..? (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Yons DD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*