Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Sumadi

Dulur Isun : Sumadi

(573 Views) September 11, 2016 2:13 pm | Published by | No comment

‘Juragan’ Sate Bekicot

sumadi

Sumadi

Siapa yang tidak tahu Bekicot? Daging hama sawah yang meresahkan petani itu ternyata bisa hidangan yang sangat nikmat. Ditangan Sumadi, hewan melata yang ‘menjijikkan’ itu berubah menjadi hidangan lezat berupa ‘sate Bekicot’.

Menurut Sumadi, dia mengawali jualan ‘sate bekocot’ sejak tahun 2006 lalu. Dengan modal awal sebesar Rp 5 juta, Sumadi mulai menggelar dagangan kulinernya di Petahunan, Desa Jajag, Kecmatan Gambiran. “Awalnya dulu saya berjualan di sekolah-sekolah, sambil mencari modal buat beli gerobak untuk berjualan. Setelah sekitar satu tahunan, terkumpul modal sekitar Rp 5 juta,” ungkapnya kepada Memorandum, kemarin

Sebagai bahan baku utama produk kulinernya, Sumadi mengaku mendapatkan Bekicot dari pengepul. ”Kalau bekicotnya saya dapatkan dari pengepul. Tapi kalau dulu pada awal-awal jualan, saya mencari sendiri,” kata Sumadi.

‘Sate Bekicot’ ala Sumadi memang tergolong laris manis. Omset penjualannya rata-rata mencapai Rp 3 juta – Rp 5 juta per bulan. Dengan ciri khas sambal kacang dipadukan dengan sate bekicot, membuat penikmatnya merasa ketagihan untuk menikmatinya.

Sumadi mulai berjualan dari jam 3 sore sampai malam hari. ”Saya berjualan sate bekicot, karena disini masih jarang orang jual. Awalnya saya memang iseng-iseng saja membuat bekicot menjadi sate. Eh, ternyata laris. Akhirnya saya mulai mengembangkan dan berjualan di Jajag ini,” kata Sumadi yang berasal dari Kecamatan Tegaldlimo ini.

Menurut Sumadi, setiap hari dia membawa 1 kwintal sate bekicot dan  selalu habis. “Katanya sih beda rasanya dari pada yang lainnya, karena lebih empuk,” kata Sumadi, sembari menjelaskan, untuk satu porsi sate berisi 10 tusuk, dia memasang tariff sebesar Rp 6 ribu. “Kebanyakan orang yang beli kadang sebagai obat. Katanya bisa mengobati gatal-gatal, sesak nafas dan lain-lain,” tambahnya. (ayu/bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Sumadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*