Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Sayun Sisiyanto

Dulur Isun : Sayun Sisiyanto

(918 Views) June 1, 2016 11:13 am | Published by | No comment

Eksis Dipanggung Tradisi

Sayun Sisiyanto

Banyuwangi, Memorandum – Meski berstatus sebagai Guru PNS, namun hingga saat ini aktifitas berkeseniannya ‘nyaris’ tak pernah terhalangi. Dan seiring dengan semakin banyaknya minat generasi muda terhadap kesenian tradisional akhir-akhir ini, mendorong seniman murah senyum ini untuk mendirikan sanggar sendiri. Baru pada tahun 2009, keinginannya memiliki sanggar sendiri pun terwujud. Sebuah bangunan sederhana yang didirikan disamping rumahnya di Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi, menjadi pusat aktifitasnya sehari-hari setelah pulang bertugas sebagai guru.

Sebagai seniman tulen, aktifitas berkeseniannya ternyata tak sebatas hanya dibidang musik dan tari tradisional saja. Ditengah-tengah kesibukannya itu, seniman bernama Sayun Sisiyanto ini beberapa waktu lalu masih sempat mendirikan grup kesenian Damarulan “Dipa Chandra Budaya”.

Dalam bidang musik, Seniman bersahaja ini ternyata cukup piawai meramu bunyi-bunyian musik tradisional menjadi sebuah komposisi yang menarik. Salah satu karyanya yang berjudul; “Tirto Arum” pernah menyabet gelar sebagai komposisi terbaik di sebuah festival yang digelar di Surabaya. Yang menarik, ketika mempergelarkan karya komposisi musiknya itu ternyata Sayun pernah dua kali tampil satu panggung bersama penyanyi papan atas, Tompi. Meski tidak secara langsung berkolaborasi dengan grup musik pengiring Tompi, namun komposisi musik garapannya itu sempat mendapat perhatian khusus dari panitia dan pengamat musik tradisional.

Dan ketika pentas di ajang festival “Jazz Gunung” yang digelar di Bromo, Probolingo, beberapa waktu lalu, karya komposisi musiknya yang berjudul; “Selendang Wangi” bahkan harus tampil dua kali. “Menurut jadual, grup saya hanya tampil satu kali di siang hari. Tetapi setelah selesai main, tiba-tiba panitia meminta saya agar siap untuk main lagi pada malam harinya,” kata Sayun. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Sayun Sisiyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment