Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Dulur isun : Ricky Mersa Rifananta

Dulur isun : Ricky Mersa Rifananta

(559 Views) April 13, 2016 2:38 pm | Published by | No comment

Lare Osing Mandar Punya

ricky mersa rifananta

Ricky Mersa Rifananta

Banyuwangi, Memorandum – Mengungkap tentang kekayaan seni-budaya dan adat tradisi masyarakat Banyuwangi, tentu tak bisa lepas dari keragaman etnis penduduk dengan kultur-budaya masing-masing. Sebab, selain penduduk asli Banyuwangi yang dikenal sebagai etnis Osing, ada banyak etnis lain yang sejak berabad-abad silam sudah menyatu dan menjadi bagian tak terpisahkan dari Banyuwangi. Satu diantaranya adalah etnis Mandar, yang leluhurnya berasal dari daerah Sulawesi Barat.

Bahkan, jejak keberadaan Orang Mandar di Banyuwangi sudah ada sejak wilayah di ujung timur Pulau Jawa ini masih berbentuk kerajaan. Keberadaan Kampung Mandar di dalam wilayah Kecamatan Kota Banyuwangi, merupakan fakta lain tentang ‘sejarah’ keberadaan Orang-orang Mandar di Banyuwangi.

Namun demikian, meski sudah meng-klaim diri sebagai ‘Lare Osing’, warga Mandar masih setia menjaga dan melestarikan adat-tradisi para leluhurnya. Salah satunya adalah tradisi ‘Saolak’,  yang sampai saat ini masih dilaksanakan oleh warga Mandar. Sayangnya, saat ini tradisi ‘Saolak’ merupakan satu-satunya penanda bahwa mereka adalah orang-orang keturunan Mandar, setelah rumah adat mereka yang disebut ‘Boyang’, mulai punah dan nyaris tak dikenal lagi oleh generasi penerusnya.

Karena alasan itulah, presenter Banyuwangi TV bernama lengkap; Ricky Mersa Rifananta ini sangat berharap agar Pemkab Banyuwangi juga peduli terhadap keberadaan Orang-orang Mandar serta kultur-budayanya, minimal dengan cara membangun sebuah rumah adat Mandar sebagai tetenger bagi mereka.

“Sekarang ini hanya tersisa 2 rumah adat yang masih ada di Kampung Mandar. Sebelum benar-benar punah, kami ingin pemerintah daerah mau membangun rumah adat seperti itu sebagai tetenger bagi kami warga Mandar. Hanya sebagai tetenger bahwa kami adalah warga Banyuwangi keturunan Mandar, meski sekarang ini kami sudah menjadi Lare Osing yang cinta Banyuwangi,” ungkap Ricky, Lare Osing berdarah Mandar kelahiran 24 Maret 1985 ini. Bener Kang…!! (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dulur isun : Ricky Mersa Rifananta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*