Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Mujiono

Dulur Isun : Mujiono

(437 Views) September 24, 2016 2:43 pm | Published by | No comment

Menghormati Para Leluhur

mujiono

Mujiono

Banyuwangi, Memorandum – Budaya global yang terus menggelontor, dan pembauran antar etnis yang prosesnya berlangsung secara alami, mengakibatkan terjadinya distorsi pada kultur-budaya masing-masing etnis. Tidak sedikit generasi muda dalam etnis tertentu, yang sudah merasa asing dan tidak mengenal lagi budaya dan adat-tradisi leluhurnya.

Dalam kaitan itulah, warga keturunan Mandar (Sulawesi) yang ada di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, berupaya untuk merekonstruksi adat-istiadat leluhurnya dengan menghidupkan kembali adat-tradisi tersebut. Salah satu yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat adalah; Tradisi ‘Manten Kurung’.

Mujiono, tokoh muda Kelurahan Kampung Mandar, mengungkapkan, sudah puluhan tahun warga Mandar tidak menggelar kegiatan adat-tradisi seperti; tradisi ‘Saolak’, dan beberapa tradisi lainnya. Karena itu, untuk menghormati keberadaan para leluhur, sekaligus juga ‘mengingatkan kepada generasi muda Mandar bahwa mereka punya adat- tradisi yang diajarkan para pendahulu mereka, warga Mandar berinisiatif menghidupkan adat-tradisi.

“Nguri-uri adat dan budaya peninggalan para leluhur ini adalah untuk menghormati mereka. Tanpa mereka kita ini tidak ada. Ini sekaligus untuk menunjukkan kepada generasi muda penerus, bahwa ada kultur-budaya peninggalan para leluhur yang harus mereka jaga kelestariannya,” ungkap Mujiono, kepada Memorandum, kemarin. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Mujiono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*