Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Misrok

Dulur Isun : Misrok

(655 Views) April 5, 2016 7:09 pm | Published by | No comment

Setia Menjaga Ritual Seblang

misrok

Misrok

Banyuwangi, Memorandum – Selama 30 tahun lebih terlibat dalam ritual adat Seblang, ternyata tak membuatnya jenuh atau bosan. Sebaliknya, Bapak 4 orang anak, 3 Cucu dan 4 Cicit ini justru dengan senang hati melakoninya. Dia menganggap bahwa keterlibatannya dalam ritual adat sakral yang merupakan bagian dari rangkaian acara selamatan Bersih Desa itu dalah kewajiban.

Begitu pentingnya ritual adat tersebut, sehingga membuat Misrok merasa takut “kuwalat” bila mengabaikannya. Karena alasan itu dan demi menjaga kelestarian seni-budaya yang diwariskan oleh para leluhur-nya, Misrok merasa wajib untuk tetap menjaganya. “Bagi saya, terlibat dalam upacara Seblang itu adalah kewajiban. Saya tidak pernah berhitung masalah upah,” ungkap Misrok, yang mengaku keterlibatannya dalam ritual sakral itupun juga tidak serta-merta, tetapi atas perintah dan permintaan sang Dhanyang yang mbahu-rekso desanya.

Seiring dengan semakin banyaknya perhatian terhadap ritual kuno tersebut, baik oleh kalangan masyarakat, peneliti, pemerhati budaya dan media massa, sosok dan wajah pria kelahiran tahun 1932 inipun juga semakin dikenal luas. Di hampir setiap dokumen foto ataupun audio-visual yang diambil untuk mengabadikan ritual tersebut, bisa dipastikan wajahnya juga akan terekam. Itu karena sebagai “si pengudang”, Misrok harus terus berada dan menari di sekitar penari Seblang sampai upacara itu berakhir.

“Upacara adat Seblang ini sebenarnya kan untuk menghormati para lelembut. Jadi pada waktu upacara ini dilaksanakan, ada ribuan makhluk halus yang turut menonton upacara adat ini. Kita memang tidak bisa melihat mereka, tapi sebenarnya mereka itu ada dan berbaur dengan orang-orang yang menonton upacara ini. Dan kedatangan mereka ke sini karena diundang oleh para dhanyang yang mbau-rekso desa ini. Bagi masyarakat Desa Olehsari, Seblang ini adalah upacara penting yang harus tetap dilaksanakan setiap tahun,” ungkap Misrok yang mulai terlibat dalam ritual Seblang sekitar tahun 1980-an ini. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Misrok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*