Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Malik Barkah

Dulur Isun : Malik Barkah

(611 Views) April 26, 2016 3:32 pm | Published by | No comment

Harus Jaga Entitas Lokal

Malik Barkah, Dulur Isun

Malik Barkah

Banyuwangi, Memorandum – Pengaruh-pengaruh budaya global mulai terasa ikut mewarnai dinamika perkembangan Banyuwangi saat ini. Gencarnya promosi yang dilakukan pemerintah serta digelarnya sederet festival yang juga menyuguhkan produk budaya luar seperti; Musik Jazz, menjadi salah satu entry point mengalirnya pengaruh luar terhadap kehidupan tradisional masyarakat. Dan perlahan tapi pasti, Sosio-kultural masyarakat pun akan segera menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Kekhawatiran itu mulai muncul justru ketika masyarakat mulai tidak asing dengan alunan simphoni musik Jazz. Lalu, apa yang harus kita perbuat?.

Malik Barkah, pegiat LSM yang juga seorang kontraktor ini berpendapat, bahwa kita sulit untuk menghindar dari setiap perubahan yang terjadi. “Perubahan zaman akan terus bergulir. Dan kita tidak akan pernah bisa menolak perubahan itu. Dan pada gilirannya nanti, tlatah Banyuwangi ini juga akan menjadi arena dan pentas terbuka bagi pertunjukan seni-budaya global. Masalahnya sekarang, bagaimana kita semua, pemerintah dan masyarakat, tetap mampu menjaga entitas lokal sebagai akar budaya dan karakter sosial kita,” ungkapnya.

Menurutnya, ketika musik Jazz mulai dibuatkan ‘panggung permanen’ di Bumi Blambangan ini, bagaimana itu bisa diimbangi dengan upaya-upaya kaderisasi pemusik tradisional, yang juga harus dibungkus dalam bentuk festival rutin. “Kalau sudah berani menyelenggarakan festival musik jazz pelajar, semestinya juga harus digelar festival musik-musik tradisional, seperti Kuntulan, Angklung dan sebagainya. Terlebih bagi anak-anak’, agar re-generasi pemusik tradisional tetap bisa berjalan dan Banyuwangi tidak sampai kehilangan identitas lokalnya,” tandasnya. Byek, mantab Brow…!! (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Malik Barkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*