Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Lastari, Pencetus Roda Troli

Dulur Isun : Lastari, Pencetus Roda Troli

(685 Views) July 31, 2016 6:49 pm | Published by | No comment

Buat Troli Untuk Penambang Belerang Ijen

Lastari

Banyuwangi, Memorandum – Sempat dilarang. Namun, keinginan memudahkan dan meningkatkan jumlah daya tampung serta efisien untuk penambang belerang di Gunung Ijen, membuatnya berkeinginan membuat troli sebagai alat angkut belerang.

Lastari, warga asal Desa Randu Agung Kecamatan Licin, Banyuwangi berinisiatif membuat alat angkut baru berupa troli bagi penambang belerang. Dengan modal biaya sekitar Rp. 1.600, 000,- , Lastari berhasil membuat troli berukuran 1×2 meter dengan daya tampung mencapai 5-7wintal sekali angkut. Waktu yang dibutuhkan juga semakin cepat seķira 4 jam.

Sebelumnya jika dipikul, waktu dan jarak tempuh bisa memakan waktu seharian, Dengan daya angkut sesuai tenaga pikulan hanya dapat mengangkut sekira 2 kwintal. Namum, keinginannya memudahkan serta memanjakan penambang tidak serta merta berjalan lancar. Perusahan terkait melarang ide tersebut dengan alasan faktor alam dan tekstur jalan yang selalu berubah-ubah.

Akan tetapi, dengan kejadian tersebut justru menambah semangat dan keinginannya menggunnakan troli. Sampai pada akhirnya ide tersebut menjalar kepada para penambang untuk menggunakan troli.

Hingga akhirnya mendapat jatah bantuan troli bagi yang kurang mampu dan tidak punya troli. Troli tersebut, sekarang ini juga sering difungsikan sebagai moda transportasi pengunjung yang hendak mencapai puncak ijen. (fat)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Lastari, Pencetus Roda Troli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment