Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Jumal

Dulur Isun : Jumal

(536 Views) August 4, 2016 10:40 pm | Published by | No comment

Takut Kehilangan Mata Pencaharian

jumal

Jumal

Banyuwangi, Memorandum – Sebuah proses pembangunan pasti akan berdampak bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat sekitarnya. Apalagi, proses pembangunan itu menyangkut tentang perubahan lingkungan dan alam dimana masyarakat sekitar menggantungkan kehidupan sehari-harinya. Proses perubahan itulah yang saat ini tengah dihadapi oleh warga di Lingkungan Krajan, Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi.

“Kami senang pemerintah terus melakukan pembangunan. Tetapi pemerintah juga harus berpikir bagaimana kami tidak sampai kehilangan mata pencaharian, karena adanya proses pembangunan itu,” ungkap Jumal (62), seorang tokoh nelayan yang tinggal di Lingkungan Krajan, Kelurahan Kampung Mandar.

Menurut Jumal, kehidupan para nelayan adalah kehidupan yang bersandar kepada kearifan alam dan lingkungannya. Ketika manusia mencoba untuk merubah eko-sistem alam, pasti juga akan berdampak kepada kehidupan sekitarnya, termasuk kehidupan masyarakatnya. “Puluhan, bahkan ratusan nelayan yang selama ini menggantungkan kehidupan di laut selat Bali ini. Ketika kondisinya mulai berubah, kehidupan kitapun perlahan-lahan juga akan berubah. Hanya satu yang kami takutkan, yakni kehilangan mata-pencaharian. Kami baru akan tenang, bila pemerintah bijak dalam menangani masalah ini, termasuk mencarikan solusi bagi kehidupan kami tanpa harus merupah kultur kehidupan kami sebagai nelayan,” kata Jumal.

Lalu, apa yang diharapkan Jumal dari Pemerintah?. “Beri kami kepastian. Kalau lahan (laut, red.) tempat kami mencari ikan selama ini dipakai untuk pembangunan, lalu kemana kami harus pindah?,” ungkapnya. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Jumal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*