Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Dulur Isun : Hendra Gunawan

Dulur Isun : Hendra Gunawan

(607 Views) April 15, 2016 1:40 pm | Published by | No comment

Lestarikan Dialek Osing

hendra gunawan (rubrik dulurisun)

Hendra Gunawan

Banyuwangi, Memorandum – Diakui, perannya memang terlalu kecil untuk ukuran kultur-budaya Osing. Namun, sesedikit apapun perannya, setidaknya dia telah turut andil dalam upaya pelestarian bahasa dan dialektika budaya Osing. Itulah yang dilakukan Hendra Gunawan, Lare Osing kelahiran Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah, yang berupaya mengabadikan setiap jengkal dialektika Bahasa asli Banyuwangen itu melalui ‘kaos oblong’ sebagai medianya. Lalu, mengapa harus melalui kaos oblong?

“Kaos Oblong adalah busana casual yang disukai oleh banyak orang, dari mulai anak kecil hingga orang dewasa. Karena itu, kaos oblong menjadi media paling efektif untuk menitipkan simbol-simbol kultur-budaya, termasuk dialektika bahasa. Dengan cara itu, minimal kita bisa mengingatkan kepada generasi muda khususnya, bahwa kita punya seni-budaya dan bahasa yang perlu dijaga kelestariannya,” kata produsen kaos oblong yang juga menggunakan salah satu kosa kata bahasa Osing sebagai merk produknya.

Sebagai putra daerah, Lare Osing kelahiran 5 Januari 1982 ini berharap agar kedepan nanti Banyuwangi tidak hanya mampu mensejahterakan rakyatnya saja, tetapi juga mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal sebagai karakter sosial masyarakat. “Masyarakat Osing note-bene adalah masyarakat yang kental dengan berseni-budaya. Dengan seni-budaya pula sehari-hari masyarakat bersosialisasi dengan lingkungannya. Menurut saya, bila dalam bersosialisasi itu didasari dengan seni-budaya, maka akan tercipta sebuah harmonisasi hubungan yang indah,” ungkapnya. Byek, cocog iku Kang..!! (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Hendra Gunawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*