Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Drs Hery Nurcahyo

Dulur Isun : Drs Hery Nurcahyo

(383 Views) September 17, 2016 7:50 pm | Published by | No comment

Ngemong Para Buruh

drs-hery-nurcahyo-dulur-isun

Drs Hery Nurcahyo

Banyuwangi, Memorandum – Pabrik Gula Glenmore yang membutuhkan pasokan bahan baku tebu ribuan ton per hari, memaksa beberapa Perkebunan di wilayah kerja PT Perkebunan (PTPN) XII di Glenmore harus merubah komoditi tanamannya dari tanaman keras ke tanaman Tebu. Perubahan jenis tanaman tersebut sangat berdampak kepada para buruh perkebunan di sekitar wilayah tersebut.

Sebagai salah satu ‘petinggi’ Perkebunan, Drs Hery Nurcahyo yang sehari-hari menjabat sebagai Sekretaris Perkebunan Kalirejo, PTPN XII, mengakuio bahwa perubahan akibat dampak pendirian pabrik gula di wilayah kerjanya itu memang ada dan terjadi. “Sempat ada ‘riak-riak’ dinamika di kalangan para buruh terkait perubahan tersebut. Namun, kita terus berupaya ngemong  dan melakukan pendekatan dengan memberikan pembelajaran kepada mereka,” ungkapnya.

Seperti misalnya, kata Hery, untuk tenaga tebang tebu, sampai saat ini kita masih mendatangkan tenaga dari Jember, Situbondo dan Bondowoso, karena para buruh disini merasa tidak sanggup dan tidak mampu. “Dengan hitungan upah tebang per kuintal, mereka merasa pendapatannya sangat jauh berkurang. Kemudian kita dorong mereka untuk tetap terlibat dalam penebangan dengan belajar kepada tenaga tebang dari luar Banyuwangi. Sementara untuk upahnya, kita hitung harian sebagaimana sebelumnya mereka kerja di perkebunan. Dan saat ini, perlahan-lahan para buruh sudah mulai bisa menyesuaikan dengan kondisi,” bebernya, saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (16/9) kemarin. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Drs Hery Nurcahyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*