Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Dukun Palsu Pengganda Uang Mulai Disidang

Dukun Palsu Pengganda Uang Mulai Disidang

(508 Views) January 5, 2017 9:25 am | Published by | No comment

Kanjeng Dirman Bantah Keterangan Saksi

Kanjeng Dirman saat hendak keluar dari ruang sidang ( jai-Memorandum )

Banyuwangi, MemorandumSudirman alias Kanjeng Dirman, (50), dukun palsu yang mengaku bisa menggandakan uang mulai menjalani persidangan. Dalam persidangan pria ini tetap bersikukuh tidak melakukan perbuatan tersebut. Padahal saksi-saksi termasuk Khoirudin alias Mamat ikut menjadi saksi dalam kasus ini.

Dalam  sidang yang digelar Rabo (4/1) kemarin, Jaksa Penuntut Umum Agus Suhairi membacakan dakwaannya. Setelah pembacaan dakwaan, sidang dilanjukan dengan  pemeriksaan saksi. Ada dua saksi yang dihadirkan yakni Mamat, sopir terdakwa dan Firman, salah satu korban penipuan.

Keterangan Firman,  uang senilai Rp 350 juta yang hendak digandakan itu bukanlah  miliknya pribadi. Tetapi merupakan uang sejumlah orang yang dikumpulkan. “Uang saya Cuma Rp 20 juta, yang mengumpulkan Ramli, kemudian dimasukkan dalam rekening saya,” kata pria asal Makasar ini.

Dia menyebut, yang pertama tahu tentang Kanjeng Dirman adalah Ramli. Menurutnya, Ramli mengetahui Kanjeng Dirman dari Mamat. Setelah uang terkumpul diapun pergi ke Banyuwangi. Uang sebesar Rp 350 juta itu kemudian diambil dan dibawa ke kanjeng Dirman untuk digandakan.

Uang itu dimasukkan dalam kresek hitam dan diserahkan kepada kanjeng Dirman pada saat ritual di sebuah ruangan. Dalam ritual itulah diduga bungkusan uang itu diganti dengan bungkusan berisi 40 bendel uang pecahan Rp 100. Uang ini kini dijadikan barang bukti dalam kasus ini. Penggantian bungkusan itu dilakukan saat ruangan tersebut penuh asap yang dihasilkan dari pembakaran gula.

Sebelum kasus ini dilaporkan ke Polisi, Firman mengaku pernah mendapatkan ancaman dari Kanjeng Dirman kalau kasus ini dilaporkan Polisi akan disantet. “Dia juga bilang kalau orang di Polres semuanya orang dia, jadi percuma laporan,” tegasnya.

Sementara itu, Mamat yang dikenal sebagai sopir pribadi kanjeng Dirman mengaku pernah menjadi korban. Hanya saja nilainya tidak banyak. “Uang saya Rp 5 juta, dijanjikan digandakan menjadi 100 juta. Padahal uang itu hasil dari menggadaikan sepeda motor,” jelasnya.

Mengenai keterangan dari para saksi, Kanjeng Dirman menyatakan seluruh keterangan mereka tidak benar. “Tidak ada yang benar keterangan itu,” tegasnya dengan berapi-api saat ditanyaa ketua majelis hakim tentang keterangan saksi.

Sidang perkara ini ditunda seminggu untuk mendengarkan keterangan saksi yang  lain.(jai)

 

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dukun Palsu Pengganda Uang Mulai Disidang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*