Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Dua Terdakwa Kisruh ‘Pembakaran’ Tumpangpitu Divonis Bebas

Dua Terdakwa Kisruh ‘Pembakaran’ Tumpangpitu Divonis Bebas

(612 Views) May 24, 2016 2:02 pm | Published by | No comment

 JPU  “Kami Langsung Ajukan Kasasi”

Jpeg

Fitriyati (tengah) ditemani anak dan keluarganya mengaku lega suaminya divonis bebas. Edi Laksono menuju ke mobil tahanan untuk kembali ke Lapas setelah divonis bebas kemarin. Keluarga memeluk Fitriyati yang akan menaiki mobil tahanan untuk kembali ke lapas

Banyuwangi, Memorandum – Dua terdakwa kasus dugaan penghasutan dalam kisruh di wilayah tambang Tumpangpitu divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Banyuwangi kemarin (23/5). Mereka adalah Edi Laksono, (42) dan Fitriyati, (25), keduanya warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran yang diperiksa dan dijadikan tersangka oleh penyidik Polda Jatim, pasca peristiwa pembakaran aset perusahaan tambang emas Tumpangpitu.

Majelis hakim yang dipimpin Bakri berkesimpulan, dalam peristiwa tersebut para terdakwa tidak terbukti melakukan penghasutan. Yang dilakukan para terdakwa hanyalah sebatas pendapat saja. Kesimpulan tersebut didasarkan pada fakta-fakta persidangan.

Sebelumnya, para terdakwa dituntut dengan hukuman penjara selama 3 tahun lamanya. Tuntutan yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ari Dewanto itu didasarkan pada dakwaan pertama yakni pasal 160 jo pasal 55 KUHP.

Vonis bebas yang diberikan majelis hakim disambut isak tangis Srigati, istri Edi Laksono. Perempuan ini meluapkan kebahagiannya dengan tangisan. Sambil sesekali mengusap air matanya. “Alhamdulillah Ya Alloh, Engkau mendengar doa kami, terima kasih Ya Alloh,” ujarnya sambil menengadah.

Kepada Memorandum Srigati mengaku lega suaminya mendapatkan vonis bebas. Sebagai isri dirinya sejak awal sudah yakin suaminya tidak bersalah. Dia mengaku senang karena dapat segera berkumpul lagi dengan suaminya. “Saya senang sekali, suami saya bebas. Soalnya anak-anak masih kecil mas,kasihan mereka,” bebernya.

Begitu juga dengan keluarga Fitriyati, mereka menyambut vonis bebas perempuan ini dengan sukacita. Bahkan keluarga Fitriyati bergerombol dan memeluk perempuan ini saat akan naik mobil tahanan untuk dibawa kembali ke Lapas Banyuwangi.

Sementara itu Amrullah menyatakan, sudah memprediksi kliennya akan divonis bebas. Sebab dalam persidangan tidak terbukti adanya penghasutan oleh dua kliennya. Bahkan dalam rekaman yang diputar di dalam persidangan juga tidak ada yang menunjukkan kliennya melakukan penghasutan. “Beberapa keterangan saksi yang memberatkan klien kami langsung sudah dicabut dalam persidangan,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Banyuwangi Fahmi memastikan pihaknya akan melakukan upaya hukum lanjutan untuk menyikapi vonis bebas  pada terdakwa Edi Laksono dan Fitriyati. “Kami langsung melakukan kasasi atas putusan ini,”tegasnya.(jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dua Terdakwa Kisruh ‘Pembakaran’ Tumpangpitu Divonis Bebas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*