Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » DPRD Minta Dishub Naikkan Honor Jukir

DPRD Minta Dishub Naikkan Honor Jukir

(229 Views) May 11, 2017 11:22 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Besarnya penerimaan retribusi parkir berlangganan di Kabupaten Banyuwangi, dinilai belum memberikan kesejahteraan yang layak kepada petugas juru parkir.  Komisi III meminta Dinas Perhubungan untuk menghitung kembali honor juru parkir agar disesuaikan dengan kebutuhan hidup layak. Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Banyuwangi, H.Khusnan Abadi,M.Pdi,usai melakukan rapat kerja bersama Dinas Perhubungan.
“ Honor Juru parkir saat ini, mestinya tidak layak,karena yang diterima hanya 528 Ribu per bulan,padahal rata-rata mereka bekerja lima hingga tujuh jam sehari” jelasH.Khusnan saat dikonfirmasi , Rabu (10/05/2016).
Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, honor yang diterima oleh juru parkir, masih dibawah Upah Minimum Kabupaten (UMK), sehingga dinilai tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka. Dalam perjanjian kontrak kerjanya, juru parkir dilarang memunggut sepeserpun  uang dari masyarakat yang memarkirkan kendaraanya di bahu jalan.
“ Honor Juru parkir hanya Rp 528 ribu, jika dibagi 30 hari kerja, mereka hanya mendapatkan upah lebih kurang Rp. 17 Ribu per hari “ ungkap Khusnan.
Pendapatan retribusi parkir berlangganan, tahun 2016 mencapai Rp. 13,4 Miliar, melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp. 12,2 Miliar. Jika nilai honor juru parkir disesuaikan,paling tidak mendekati nilai UMK atau  sebesar Rp. 1 Juta per bulan. Dari 342 juru parkir binaan Dishub, maka dari penerimaan retribusi parkir berlangganan tersebut, yang dibayarkan untuk jasa petugas parkir lebih kurang, sebesar Rp 4 Miliar per tahun.
“ Masih ada sekitar Rp. 9 Miliar yang masuk Kas Daerah, setelah dikurangi honor juru parkir” ucapnya.
Sementara ditemui terpisah,Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Drs.Kusiyadi, M.Si menanggapi saran Komisi III untuk menyesuaikan kembali honor juru parkir, menyampaikan, sepakat dan meminta dukungan DPRD,  untuk mengusulkan kenaikan honor juru parkir. Dinas Perhubungan akan mencoba mengusulkan kenaikan honor tersebut pada perubahan APBD tahun 2017.
“ Akan kita coba usulkan kenikan honor juru parkir pada perubahan APBD Tahun 2017, jika memang ada anggarannya” jelas Kusiyadi .
Terkait dengan nilai kenaikan honor juru parkir, mantan kepala BPBD Banyuwangi ini, belum dapat memastikan besarannya, karena masih akan dihitung dan dikaji bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah.
Di akhir wawancaranya, Kusiyadi berpesan kepada juru parkir , untuk tetap mematuhi aturan yang telah disepakati, salah satunya tidak memungut biaya parkir kepada masyarakat yang memarkir kendaraannya di bahu jalan. (ydi)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for DPRD Minta Dishub Naikkan Honor Jukir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*