Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » DPRD Minta Aparat Hukum Menindak Tegas Angkutan Galian C

DPRD Minta Aparat Hukum Menindak Tegas Angkutan Galian C

(502 Views) June 28, 2016 6:46 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Informasi dan keluhan masyarakat terhadap kerusakan jalan yang diakibatkan oleh aktifitas transportasi  pengangkut hasil tambang  galian C di Desa Pendarungan dan Desa Kedayunan Kecamatan Kabat, memantik reaksi  Komisi IV DPRD Kabupaten Banyuwangi. Ketua Komisi IV, A. Taufik mengatakan, guna menyikapi keluhan masyarakat pihaknya akan segera melakukan tinjau lapang ke beberapa lokasi jalan desa yang sering dilalui armada pangangkut galian C (Dump Truk). Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui secara pasti tingkat kerusakan jalan yang diakibatkan dari intensitas lalu lalangnya transportasi angkutan galian C. “Komisi IV tentu akan menyikapi keluhan masyarakat Desa Kedayunan maupun Desa Pendarungan terhadap rusaknya jalan. Namun Komisi IV terlebih dahulu akan melakukan cross cek dan pemantauan dilapangan,” kata A.Taufik saat dikonfirmasi Memorandum, Senin (27/6) di Gedung DPRD.

Jika dari pantauan atau tinjau lapang yang dilakukan Komisi IV DPRD ditemukan penyimpangan kelas jalan yang dilakukan sebagian besar armada pengangkut hasil tambang tersebut, Komisi IV meminta kepada aparat hukum dan Pemerintah daerah untuk segera menindak tegas. Apalagi, jika nantinya dalan inspeksi mendadak diketahui aktifitas tambang galian C itu belum memiliki izin resmi dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur. “Kalau nantinya dalam tinjau lapang diketahui, aktifitas tambang galian C tersebut tidak memiliki izin penambangan dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur, Komisi IV minta kepada aparat hukum untuk segera menindak tegas” ungkap Politisi Partai kebangkitan Bangsa asal Kecamatan wongsorejo.

Untuk diketahui, aktifitas pertambangan galian C maupun intensitas lalu lintas armada atau dump truk pengangkutnya sering menimbulkan gejolak antara masyarakat sekitar tambang dengan pengusaha tambang. Masyarakat Desa Kedayunan dan Desa Pendarungan Kecamatan Kabat, merasa dirugikan dengan adanya aktifitas tambang galian C, namun sangat disayangkan hingga saat ini tidak ada tindakan tegas dari aparat penegak hukum maupun Pemerintah kabupaten Banyuwangi.  Masyarakat menilai, perbaikan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat, terkesan percuma dan hanya membuang –buang anggaran. Terbukti jalan yang diperbaiki dengan anggaran yang cukup besar, dirusak oleh kepentingan pengusaha tambang galian C. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

 

Categorised in:

No comment for DPRD Minta Aparat Hukum Menindak Tegas Angkutan Galian C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment