Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » DPRD Ancam Bentuk Pansus PG Glenmore

DPRD Ancam Bentuk Pansus PG Glenmore

(627 Views) January 4, 2017 8:55 am | Published by | No comment

– Pabrik Gula PT IGG di Kecamatan Glenmore

Banyuwangi, Memorandum – Kasus Pembuangan limbah produksi PT Industri Gula Glenmore (PT IGG) ke Sungai Sampean Baru yang berdampak kepada warga sekitar, sudah menjadi ‘target operasi’ oleh Komisi IV DPRD Banyuwangi. Sebagaimana diungkap oleh Sekretaris Komisi IV, Salimi, selain permasalahan limbah, hal lain yang sudah masuk dalam catatan Komisi IV adalah bahwa PT IGG ternyata juga mendatangkan gula ‘produk jadi’ dari luar daerah. Menurut Salimi, semua permasalahan terkait operasional PT IGG tersebut segera akan ditindak-lanjuti

“Kita akan segera melakukan sidak untuk meneliti di Lapangan. Bila nanti semua masukan tersebut terbukti, maka kita akan segera mengajukan pembentukan Pansus (Panitia Khusus, red.) untuk menanganinya,” kata Salimi, diruang kerjanya, Selasa (3/1) kemarin.

Salimi menjelaskan, sebelum mencuatnya masalah buangan limbah, pihaknya sudah banyak menerima masukan dari masyarakat tentang opreasional PT IGG, diantaranya, selain mendatangkan tebu ternyata juga mendatangkan gula produk jadi dari luar. “Kita harus menemukan bukti-bukti di lapangan. Kalau ditemukan, jelas harus segera kita bawa ke Pansus,” ungkapnya.

Menurut Salimi, untuk pabrik sekelas PT IGG, perijinan yang dimilikinya tentu sudah mencakup keberadaan instalasi pengolah limbah (Ipal). Karena itu, terkait limbah yang sengaja dibuang ke sungai, diduga karena PT IGG sengaja tidak memfungsikan Ipal-nya. “Yang pasti. PT IGG sudah memiliki Ipal. Tetapi untuk mengoperasionalkan Ipal tersebut biayanya cukup tinggi. Kita menduga, karena alasan itulah maka limbahnya sengaja dibuang ke sungai. Tetapi apapun alasannya, itu jelas-jelas salah dan melanggar peraturan. Masyarakat juga yang dirugikan. Kita akan tangani kasus ini secepatnya,” kata Salimi, sembari bergegas menuju lokasi pabrik gula.

– Sekretaris Komisi IV DPRD Banyuwangi, Salimi. (Memorandum – Eko Budi S)

Sementara itu, saat dilakukan sidak oleh Komisi IV, pihak keamanan Pabrik Gula melarang  wartawan untuk mengikuti dan masuk ke lokasi pabrik tanpa alasan yang jelas.

Sebagaimana ramai dilansir media massa, warga yang tinggal disepanjang bantaran sungai Sampean Baru, beberapa hari terakhir dikabarkan mulai mengalami gatal-gatal setelah mandi di aliran sungai tersebut. Bahkan, di sepanjang aliran sungai mulai dari daerah Blokagung (Kecamatan Tegalsari) hingga Bangorejo dan Pesanggaran, warga menemukan banyak ikan yang mati mengambang. (bud/swa/nre)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for DPRD Ancam Bentuk Pansus PG Glenmore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*