Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » DPRD Ajukan Raperda Desa Wisata

DPRD Ajukan Raperda Desa Wisata

(647 Views) June 17, 2016 2:56 pm | Published by | No comment

Banyuwangi,Memorandum – Ketua BPPD DPRD Banyuwangi, Khusnan Abadi mengatakan, Pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, pengembangan destinasi pariwisata yang sedang tumbuh dan berkembang ini diperlukan adanya manajemen destinasi yang baik, dalam arti selain berupaya menigkatkan kedatangan wisatawan ke daerah, juga harus memperhatikan aspek lingkungan, daya dukung kawasan agar tidak menimbulkan efek negatif menurunkan kualitas lingkungan, baik alam maupun budaya,serta gaya hidup masyarakat. Untuk itu, DPRD kembali mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usulan dewan, yakni tentang Desa Wisata.

“Sehingga tujuan Desa melalui pengembangan Desa Wisata dan peran masyarakat akan semakin dominan dalam mengenali dan mengelola potensi wisata unggulan di wilayahnya” jelas Khusnan Abadi, saat dikonfirmasi Memorandum diruang kerjanya, Kamis (16/6).

Selanjutnya, kata Khusnan Abadi, tujuan pengembangan kawasan Desa Wisata diantaranya untuk mengenali jenis wisata yang sesuai dan melengkapi gaya hidup yang disukai penduduk setempat. Memberdayakan masyarakat setempat agar bertanggungjawab terhadap perencanaan dan pengelolaan lingkungannya. “Mengupayakan agar masyarakat setempat dapat berperan aktif dalam pembuatan keputusan tentang bentuk pariwisata yang memanfaatkan kawasan lingkungan,serta mendapat jaminan memperoleh bagian pendapatan yang pantas dari kegiatan pariwisata” ungkap Khusnan Abadi.

Sedangkan sasaran pengembangan Desa Wisata diantaranya, tersusunnya pemodelan kawasan desa wisata yang didasari pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan atau ramah lingkungan. Terwujudnya penataan Desa Wisata yang berdasarkan kepada penerapan sistem zonasi yang berguna untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keselamatan pengunjung. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for DPRD Ajukan Raperda Desa Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment