Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Djarum Foundation Tanam Trembesi 1350 Km Merak – Banyuwangi

Djarum Foundation Tanam Trembesi 1350 Km Merak – Banyuwangi

(775 Views) December 15, 2015 2:16 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Djarum Foundation melalui program Djarum Trees for Life, memiliki program “Menanam Trembesi 1.350 KM Merak – Banyuwangi” yang dilaksanakan sejak 2010. Hingga kini telah ditanam 36.763 pohon trembesi, di sepanjang 1.260 km jalur Pantura mulai dari Merak di Banten hingga Situbondo di Jawa Timur .

Djarum Fundation

Program tersebut sejalan dengan program Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk periode 2015-2030. Pohon Trembesi yang tumbuh diharapkan mampu menyerap 1 juta ton gas CO2 setiap tahunnya. Hal ini selaras dengan tujuan SDGs, memperkuat ketahanan dan kapasitas adaptasi terhadap bahaya terkait iklim serta bencana alam.

Program “Menanam Trembesi 1.350 KM Merak-Banyuwangi” kini mencapai puncaknya. Seremonial diselenggarakan Kamis, 17 Desember 2015, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Didahului dengan Edukasi Lingkungan yang diselenggarakan Djarum Trees For Life, Rabu, 16 Desember 2015 di Taman Konservasi Lingkungan Pegunungan Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Melibatkan Paguyuban BUDIASIH (Budidaya Trembesi) berdiri pada tahun 2011 yang didirikan Mayor Jendral TNI Doni Monardo, Pangdam XVI Pattimura. Paguyuban ini merupakan suatu badan hukum yang bersifat non profit.

Sejak awal berdirinya sampai sekarang ini, Paguyuban BUDIASIH tercatat telah memproduksi lebih dari 4 juta bibit pohon keras dan buah-buahan termasuk tanaman langka, dan telah mendistribusikan bibit-bibit pohon tersebut kepada masyarakat di berbagai wilayah untuk membantu program penghijauan.

Tol Cipali yang baru diresmikan tahun lalu, juga dihijaukan dengan pohon trembesi oleh Paguyuban BUDIASIH bersama BNI, dan ditanam serta dipelihara 3 tahun oleh Djarum Foundation.

Dari tangan dingin Pangdam XVI Pattimura Mayor Jenderal TNI Doni Monardo menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Antara lain pada 2010 dalam penghijauan di wilayah Bogor, Cianjur, Sukabumi, dan sepanjang jalur pantura sebanyak 500.000 pohon.

Mayor Jendral TNI Doni Monardo sangat identik dengan pelestarian lingkungan, utamanya program penghijauan. Di mana pun ditugaskan dan apa pun jabatannya, Doni Monardo selalu menggagas kegiatan penghijauan, mulai dari pembibitan hingga penanaman pohon.

Kecintaan Doni pada pohon, khususnya jenis Trembesi terjadi saat dia menjadi komandan Brigif Linud-3/Kostrad, Kariango, Makassar pada tahun 2006. Dijelaskan pula, manfaat pohon trembesi memiliki kemampuan menyerap karbondiosida (C02). Dengan mengutip hasil penelitian Endes N Dahlan (dosen Institut Pertanian Bogor) bahwa Trembesi dapat menyerap 28,5 Ton CO2/ tahun , Doni meyakini pohon trembesi merupakan terobosan untuk mengatasi pemanasan global, sebuah masalah yang bukan omong kosong, tetapi sudah terjadi di depan mata. (coi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Djarum Foundation Tanam Trembesi 1350 Km Merak – Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*