Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Disperindagtam Fasilitasi Uji Laboratorium Gratis

Disperindagtam Fasilitasi Uji Laboratorium Gratis

(1355 Views) October 31, 2014 9:38 am | Published by | No comment

BANYUWANGI – Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pertambangan (Disperindagtam) Kabupaten Banyuwangi memberikan fasilitasi kepada 20 industri Kecil dan Menengah (IKM) produk pangan olahan untuk melakukan uji laboratorium bahan baku. Seluruh biaya akan ditanggung oleh Disperindagtam alias digratiskan. IKM cukup mengirimkan sampel bahan baku pangan olahan untuk diuji laboratorium.

Pendaftaran bisa dilakukan di kantor Disperindagtam mulai tanggal 2 hingga 30 November 2014. Kepala Disperindagtam Kabupaten Banyuwangi ir Hary Cahyo Purnomo, MSi mengatakan produk makanan dan minuman merupakan komoditas yang banyak dikonsumsi. Label informasi komposisi dan nutrisi telah dipersyaratkan oleh Departemen Kesehatan untuk dicantumkan dalam kemasan. Di samping itu, imbuh dia, produk pangan harus bebas dari cemaran mikroba dan logam berat.

‘Kehadiran program fasilitasi uji laboratorium diharapkan mampu memudahkan kegiatan produksi IKM di Kabupaten Banyuwangi,” harap Hary. Hary menambahkan, kegiatan sosialisasi di Hotel ikhtiar Surya, kemarin (28/10) bertujuan meningkatkan kualitas produksi. Selain itu, dalam rangka perluasan penerapan standar produk industri manufaktur dan daya saing produk pangan IKM melalui fasilitasi uji laboratorium. ‘Tujuannya untuk memperkuat upaya perlindungan konsumen dan persiapan menghadapi pasar bebas ASEAN tahun 2015,’ paparnya.

Disperindagtam juga telah melakukan berbagai upaya penguatan kualitas produk IKM pangan olahan di Kabupaten Banyuwangi. Di antaranya melaiui bimbingan teknis peningkatan kualitas produk, sentra produksi industri produk pangan, dan fasilitasi uji laboratorium bahan baku. Peluang pasar produk olahan panganjuga mendapat perhatian besar. Pada 12 September 201 4, saya diminta mendampingi Sekdaprov Jatim meresmikan Exchange Center East Java di Tianjin, China, yang memasarkan produk- produk unggulan IKM Jatim, termasuk Banyuwangi,” ung kap Hary.(radar)

Categorised in:

No comment for Disperindagtam Fasilitasi Uji Laboratorium Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*