Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Disperindag Janji Naikan Penerimaan Retribusi Pasar

Disperindag Janji Naikan Penerimaan Retribusi Pasar

(487 Views) January 13, 2017 5:39 pm | Published by | No comment

Sebesar 20 persen dari target tahun 2016.

– Kepala Disperindag, Ketut Kencana, mengikuti rapat kerja bersama Komisi III. (Memorandum – Hariyadi)

Banyuwangi, Memorandum – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banyuwangi janji kepada Komisi III DPRD, akan meningkatkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor penerimaan retribusi pasar, yang telah menjadi kewenangannya, sejak diberlakukanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru awal Januari 2017 lalu. Hal ini disampaikan Kepala Disperindag, Ketut Kencana Wira S, usai mengikuti rapat kerja bersama Komisi III, Kamis (12/01/2017) di Gedung DPRD Banyuwangi.

“Inti dari rapat kerja bersama Komisi III adalah, bagaimana mengajak teman-teman koordinator pasar lebih giat untuk meningkatkan PAD” ucap Ketut Kencana saat dikonfirmasi awak media.

Menurut Ketut Kencana, untuk meningkatkan penerimaan retribusi pasar sebagai pundi-pundi PAD, langkah awal yang akan dilakukan pihaknya adalah memperbaiki sarana prasarana pasar tradisional dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Program jangka pendeknya, Disperindag akan melakukan penataan dan pembinaan kepada pedagang di 20 pasar tradisional di Kabupaten Banyuwangi. “Program jangka panjangnya, kami ingin pasar berbasis IT” ungkap mantan staf ahli Bupati bidang ekonomi.

Selanjutnya, untuk tahun 2017 Disperindag menergetkan penerimaan retribusi pasar naik 20 (dua puluh) persen dari target tahun sebelumnya. Tahun 2016 target retribusi pasar terealisasi sebesar Rp. 4,9 miliar atau 97,84 persen, dari target sebesar Rp. 5 miliar yang ditetapkan dalam Perubahan APBD tahun 2016.

Sementara Ketua Komisi III DPRD, Ir. Basuki Rachmad menilai penerimaan retribusi pasar daerah tahun 2016 belum mencapai target yang diharapkan. Padahal potensi pasar sangat besar, jika dilihat dari perputaran uang setiap harinya, dan kecenderungan masyarakat Banyuwangi, masih memilih pasar tradisional untuk mencari kebutuhan sehari-hari daripada ke pasar modern, tentunya target retribusi pasar bisa tercapai. “Dobutuhkan perbaikan menejemen terkait pengelolaan pasar dan optimalisasi retribusi,” ucap Basuki Rachmad.

Kedepan Komisi III berharap kepada Disperindag untuk kembali mensurvei potensi retribusi pasar dengan melakukan pendataan ulang pedagang. (ydi/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Disperindag Janji Naikan Penerimaan Retribusi Pasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*