Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Dispendik Banyuwangi Deadline Pendataan Sekolah Hingga Maret

Dispendik Banyuwangi Deadline Pendataan Sekolah Hingga Maret

(606 Views) January 26, 2016 5:05 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Kebijakan pengalihan kewenangan penanganan pendidikan menengah dari Pemerintah Kabupaten ke Pemerintah Provinsi, akan dimulai pada awal 2017 mendatang. Proses pelimpahan kewenangan menyangkut; personil, pendanaan, sarana-prasarana serta dokumen (P3D). Terkait masalah tersebut, saat ini Dinas Pendidikan (Dispendik) Kab Banyuwangi mulai melakukan pendataan sekolah menengah (SMP, SMA/SMK) yang dijadualkan tuntas hingga Maret mendatang.

“ Proses pelimpahan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah dari pemerintah kabupaten ke pemerintah propinsi,beru efektif diberlakukan awal tahun 2017,” jelas Sekretaris Dispandik, Drs Dwiyanto, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (25/1) kemarin. Menurutnya, pendataan harus dilakukan dengan benar, pasalnya terkait dengan anggaran ke depan. Data-data tersebut meliputi jumlah Guru baik PNS maupun Non PNS, asset sekolah harus sesuai dengan kondisi dilapangan.

Selanjutnya setelah seluruh data terkumpul,baru kan dilakukan verifikasi. “Seluruh data yang terkumpul harus sesuai dengan kondisi dilapangan,sebab nantinya semua biaya operasional sekolah akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Propinsi” ungkapnya.

Sementara itu, sebagian masyarakat merasa khawatir dengan pelimpahan pengelolaan pendidikan menengah dari kabupaten Ke propinsi, yang menurut mereka akan berdampak semakin mahalnya biaya pendidikan. Alasannya, karena Kabupaten sudah tidak akan lagi menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan dari Pemerintah Pusat untuk pendidikan menengah. Padahal, DAK pendidikan menengah sangat penting untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Banyuwangi.

Biasanya DAK dari pemerintah pusat bisa dipergunakan untuk meningkatkan sarana prasarana di lembaga sekolah. “Kami khawatir, setelah DAK pendidkan menengah  tidak turun ke kabupaten, pihak sekolah dengan persetujuan Komite Sekolah menarik iuran ke wali murid peserta didik “ ucap Hartono, salah satu warga masyarakat yang sempat menyampaikan keluh kesahnya kepada Memorandum. Dia berharap pemerintah pusat tetap mengalokasikan DAK meskipun nantinya kewenangan pengelolaan pendidikan menengah ada di pemerintah propinsi. (ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Dispendik Banyuwangi Deadline Pendataan Sekolah Hingga Maret

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*